Hal yang perlu dilakukan dan tips rahasia sebelum kembali masuk sekolah

Liburan telah berakhir, saatnya kembali ke sekolah yang telah dinantikan. Menjalani semua kegiatan-kegiatan seperti biasanya lagi. Ada yang meresponnya sebagai positif ada yang negatif karena masih mau libur, asalkan jangan nambah libur ya hehe.. Pasti sulit move on kan dari liburan? Mau tidak mau kalian harus kembali mengiati kegiatan kalian di sekiolah tanpa mengeluh. Disini saya akan membagikan tips yang perlu dilakukan saat baru masuk sekolah, mengenai persiapan dan kesiapan kalain sebelum masuk sekolah.

Hal yang perlu dilakukan dan tips rahasia sebelum kembali masuk sekolah
Hal yang perlu dilakukan dan tips rahasia sebelum kembali masuk sekolah


Sebelum itu, karena masih dalam situasi lebaran, saya mengucapkan "Mohon maaf lahir dan batin, minal aidin wal faidzin". Semoga amal ibadah kita satu bulan penuh diterima oleh Tuhan Yang Maha Pengasih.


Berbagai kegiatan yang dijalani saat liburan, mulai dari rekreasi dan refreshing, mengunjungi sanak keluarga(mudik), dan lain sebagainya. Kalau saya sendiri kebanyakan hanya online di rumah dan menjalankan ibadah :).

Kembali ke inti pembicaraan, tips dan hal penting yang harus dilakukan sebelum masuk sekolah, silahkan disimak baik-baik ya.


ads

Hal yang perlu dilakukan saat baru masuk sekolah

Persiapkan mental secara batiniyah
Mental kita harus dipersiapkan sebaik mungkin sebelum kembali masuk sekolah, agar kita bisa kembali menyesuaikan diri dengan kegiatan-kegiatan sekolah. Lalu bagaimana caranya untuk mempersiapkan mental kita sebelum masuk sekolah? Salah satu cara simpel adalah dengan meyakinkan diri kalian bahwa aku bisa menjadi lebih dari semester sebelumnya. :D
Mulai lakukan kembali hal-hal yang sering kalian lakukan sewaktu sebelum libur
Pastinya ini perlu agar kita kembali terbiasa lagi. Karena pasti ada efek liburan yang membuat kita lebih malas, contohnya malas bangun pagi, suka begadang hingga larut malam, dan ada juga yang jarang mandi hehe.. Semua itu perlu dihilangkan dan dilakukan sejak dini minimal satu minggu sebelum masuk sekolah, kita sudah mampu membiasakan diri untuk bangun pagi dan mengurangi aktifitas-aktifitas yang tidak dapat dilakukan lagi saat setelah hari sekolah.
Perbanyak motivasi
Motivasi adalah hal yang penting untuk menunjang semangat dalam menghadapi pelajaran, lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan motivasi itu sendiri. Motivasi itu banyak macamnya, bisa timbul dari luar maupun dari dalam diri sendiri. Kalian bisa memotivasi diri kalian sendiri, contohnya buat target yang akan kalian capai di semester depan dan yakinkan diri kalian untuk mampu mencapainya bila kalian bersungguh-sungguh. Selain itu kalian bisa meminta pendapat dari orang tua, keluarga, dan teman-teman kalian tentang apa yang kurang dalam diri kalian dalam semester yang lalu, sehingga kalian mampu memperbaiki kekurangan-kekurangan itu di semester berikutnya dan pastinya meningkatkan dan membagun semangat belajar kalian .
Niatkan dengan ikhlas dari dalam hati kalian untuk bersungguh-sungguh
Semua yang dilakukan harus diawali dengan niat yang ikhlas. Termasuk untuk bersekolah, jadi niat sangat perlu untuk mengawali karir kalian untuk mencapai kesuksesan. Untuk itu berniatlah dengan ikhlas untuk bersungguh-sungguh dalam semester berikutnya agar kalian bisa mencapai hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu dengan berniat kalain sudah membangun motivasi baru dalam diri kalian :D.
Persiapkan semua perlengkapan sekolah dan persiapkan diri kalian
Pastikan semua perlengkapan sekolah kalian sudah siap, tak usah membeli yang beri asalkan masih bisa digunakan ya tetap gunakan, hitung-hitung menghemat biaya yang dikeluarkan orang tua kalian. Mulai dari tas, buku pelajaran, pakaian sekolah dan lain-lain. Siapkan juga fisik kalian untuk kembali ke sekolah, tetaplah menjaga kondisi kesehatan dengan menjaga pola makan, dan jangan lupa untuk rutin berolahraga.
Kurangi hal-hal yang bisa merusak kondisi kebugaran fisik kalian agar tetap fit saat menjalani kegiatan di sekolah.
Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Memberi 
Jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum melakukan sesuatu agar apa yang kalian lakukan bisa lancar dan bermamfaat bagi kalian dan orang lain. Berdoalah kepada Tuhan agar diberi kemudahan dalam melakukan kegiatan kalian di sekolah. Somoga apa yang kalian doakan dikabulkan oleh-Nya dan diberi kemudahan untuk mencapai kesuksesan kalian.

Hal yang perlu dilakukan dan tips rahasia sebelum kembali masuk sekolah
Sukses belajar

Selain itu saya punya trik rahasia agar tetap santai di hari pertama sekolah. Silahkan disimak yah!

Trik rahasia

  1. Tetaplah sering membaca walaupun libur sekolah, agar otak kalian kembali mampu mencerna apa yang diterima di sekolah nanti. Bak mesin yang harus dipanasi sebelum digunakan, jadi sering-seringlah membaca buku agar otak kalian tetap mengalami pemanasan saat liburan
  2. Sering menulis agar tulisan kalian tetap rapi, karena biasanya efek liburan membuat tulisan jadi jelek. Jadi jadikanlah kebiasaan untuk menulis, apapun itu asalkan membuat tangan kalian tidak kaku dengan pulpen. Walaupun hanya menulis diary atau hal-hal lain.
  3. Membaca buku refrensi yang berkaitan dengan pelajaran yang akan diterima semester berikutnya, walaupun itu hanya membaca sekilas. Ini akan membuat kalian lebih beradaptasi dengan pelajaran-pelajaran baru :) Hal ini cukup efektif untuk meransang otak kalian.
  4. Relaksasi dengan mencari info update dari media sosial seperti facebook dan twitter agar kalian tidak ketinggalan berita
Itulah beberapa hal penting yang harus dilakukan dan tips rahasia sebelum masuk sekolah, tetaplah rajin belajar agar kalian mencapai kesuksesan kalian.

Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Hal yang perlu dilakukan dan tips rahasia sebelum kembali masuk sekolah

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!