Membedah Struktur Cerpen "Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina"

Struktur cerpen merupakan susunan cerpen yang terdiri dari bagian-bagian yang saling koheren atau berkaitan satu sama lain. Struktur cerpen terbagi atas enam bagian yaitu ; Abstrak, Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Resolusi, dan Koda. Sebelum kita membedah struktur dari cerpen "Sulaiman ke Tanjung Cina" sebaiknya kita ketahui dulu apa sebenarnya maksud dari 6 bagian struktur cerpen tersebut.

ads

Struktur Cerpen

Membedah Struktur Cerpen "Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina"
Membedah Struktur Cerpen "Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina"

Abstrak

Abstrak merupakan bagian yang mengandung inti atau ringkasan cerita. Bagian ini bersifat opsional, sehingga bisa saja suatu cerpen tidak melalui tahapan ini. Namun alangkah baiknya suatu cerpen jika memiliki tahap Abstrak ini.

Orientasi

Orientasi merupakan bagian struktur yang menceritakan struktur yang menceritakan latar yang berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana di dalam cerpen. Latar digunakan oleh pengarang untuk menghidupkan ceritanya sehingga lebih berkesan kepada pembaca. Selain itu tokoh dan penokohan juga mulai tergambar pada tahap ini.

Komplikasi

Komplikasi adalah urutan kejadian yang saling berhubungan dan berkaitan secara sebab-akibat. Pada tahap ini kerumitan dan masalah mulai bermunculan, peristiwa yang satu disebabkan atau menyebabkan peristiwa lainnya. Selain itu, tahap ini akan mengungkit karakter atau watak pelaku yang ditafsirkan memiliki kualitas moral dan kecenderungan tertentu dan hal itu diekspresikan dalam tndakan dan ucapan tokoh.
Berbagai konflik akan bermunculan dan mengarah pada sebuah klimaks, yaitu konflik mencapai tingkat intensitas tertinggi. Klimaks merupakan keadaan yang akan mempertemukan berbagai konflik dan menentukan bagaimana konflik itu bisa terselesaikan.

Evaluasi

Evaluasi merupakan tahapan setelah terjadi klimaks, yang menuntun pembaca menemukan pemecahan masalah dari konflik dalam cerita.

Resolusi

Resolusi merupakan tahap di mana pengarang akan mengungkapkan solusi dari berbagai konflik yang dialami tokoh. Hal ini biasa berisi kejutan-kejutan bagaimana masalah itu bisa terselesaikan.

Koda

Koda ialah tahap terakhir yang berupa opsional, yang mengandung nilai-nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks. Karena sifatnya yang opsional sehingga bisa saja pada suatu cerpen tidak terdapat tahap ini.
Setelah memahami apa maksud dari bagian-bagian struktur sebuah cerpen, selanjutnya kita akan mencoba membedah salah satu cerpen yang ditulis oleh Hanna Fransisca dengan Judul "Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina"

Struktur Cerpen "Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina"

Abstrak - Inti Cerita
Kemilau emas ~ terkubur dan pergi.
Orientasi - Pengenalan
Bukit Barisan Selatan ~ putih awan.
Komplikas - Konflik
Setiap puncak Krakatau ~ ayahnya ditembak mati.
Evaluasi
Adakah yang gemetar ~ menjadi purnama.
Resolusi - Pemecahan masalah
"Zhu Ni Xia, perempuan ~ parasnya yang jelita.
Koda - Pesan moral
Dari teluk Jakarta ~ tatapan penuh cinta.
Itulah Struktur Cerpen "Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina". Mohon maaf karena saya tidak bisa menulis bagian per bagian secara lengkap, untuk mencari refrensi mengenai cerpen ini dapat dilihat di buku siswa Kurikulum 2013 kelas XI atau website resmi Kemendikbud. Sekian dan terima kasih, semoga bermamfaat.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Membedah Struktur Cerpen "Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina"

32 komentar:

  1. Terimakasih, sangat bermanfaat:)

    BalasHapus
  2. oo jadi ada 6 itu ya kang, apa semua cerpen itu sama kang untuk unsur unsurnya ada 6 seperti Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina juga kang. salam yuli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bagian Abstrak dan Koda merupakan opsional, bisa jadi ada bisa juga tidak. Jadi tidak semua cerpen terpenuhi ke-enam bagian di atas. Itu menurut saya.

      Hapus
  3. menurut gua struktur teksny bkan kyk itu gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasa Indonesia memang berbeda dengan yang lain, yang bermain adalah nilai asumsi dan pendapat, sementara pendapat setiap orang berbeda-beda gan. Mungkin Anda punya saran mengenai struktur cerpenya, silahkan dilontarkan :)

      Hapus
  4. Makasih gan, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  5. gan tolong bantu membedah struktur cerpen "juru masak" :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya dibedah gimana bro? Kayaknya struktur cerpen "juru masak" udah ada di buku Siswa Bahasa Indonesia kelas XI

      Hapus
  6. makasih ,a sangat membantu sekali postnya . nih pusing 7 keliling cari -cari baca teks sepanjang jembatan SURAMADU....

    BalasHapus
  7. Suspense dalam sebuah cerpen memacu rasa ingin tahu pembaca, atau dengan kata lain sebuah suspense akan membuat pembaca menjadi simpati pada cerita. Contohnya, "Siapa sangka, bahwa delapan kain tapis buatan tangan Nyiwar, telah membuat batin Zhu tercabik parah dan gila, begitu teramat menderita."
    Di sini pembaca akan mencari tau apa sebab hal itu terjadi, memang agak sulit membadakan surprise dengan suspense. :)

    BalasHapus
  8. Makasih Bro...Sangat membantu dan bermanfaat.....

    BalasHapus
  9. boleh nanya ga kalo plausibilitasnya kaya gimana?

    BalasHapus
  10. Untuk lebih lengkapnya baca artikel ini :)

    http://smansax1-edu.blogspot.com/2014/09/mengemas-kaidah-alur-dari-cerpen.html

    BalasHapus
  11. kenapa kodanya itu ? emang nilai yg dapat dipetik yg mananya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di atas tertera bahwa, dalam koda terdapat nilai yang dapat dipetik oleh pembaca. Namun tidak menutup kemungkinan koda hanya bersifat penegasan dari nilai cerpen secara keseluruhan. Begitu juga koda dari cerpen "Sulaiman Pergi ke Tanjung Cina".

      Hapus
  12. izin copas ya gan. buat tugas bhs indonesia. terima kasih atas infonya.

    BalasHapus
  13. Jika ingin melakukan presentasi sebaiknya kuasai materi untuk mencapai penampilan yang maksimal. Jadi saran saya cobalah pahami cerpen itu dulu, lalu tentukan inti masalah yang terdapat dalam tahap komplikasi.
    Agar presentasi tidak terkesan monoton, jangan tampil hanya dengan membaca konsep namun cobalah untuk menafsirkannya kedalam kalimat sederhana yang mampu memikat pendengar.

    BalasHapus
  14. Arigatou Gozaimas berguna sekali :)

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!