Tips "Secret" Siap Menghadapi Ulangan

Siapa sih yang tak gentar saat mendengar kata "ulangan"? Apalagi kalau kemampuan kita belum memadai terhadap materi yang akan diulangani. Kalau saja tidak ada kata ulangan di dunia ini pasti semua siswa nampak bergembira, termasuk saya hehe. Ulangan itu penting untuk menguji kemampuan pemahaman kita terhadap apa yang telah dipelajari sebelumnya. Sehingga bapak atau ibu guru bisa melakukan diagnosis terhadap tingkat pemahaman kita dan menulusuri di mana kesalahan metodenya saat dia menyampaikan atau mentransfer materi. Selain itu, dengan adanya ulangan kita semakin terpacu untuk memahami materi. Masalahnya adalah kadang kala kita tidak percaya diri saat ulangan karena kurang persiapan untuk menghadapi ulangan itu. Pastinya hal ini sangat berdampak pada hasil ulangan kita, oleh karena itu kali ini saya akan membeberkan Tips "Secret" Siap Menghadapi Ulangan yang telah saya terapkan dan lumayan menuai hasil yang bisa dibanggakan.
Tips "Secret" Siap Menghadapi Ulangan
Tips "Secret" Siap Menghadapi Ulangan


Tips "Secret" Siap Menghadapi Ulangan. Mengapa "secret"? "secret" yang notabene dalam terjemahannya ke bahasa Indonesia artinya "rahasia", karena ini adalah trik rahasia saya dalam menghadapi ulangan. Mungkin Anda sudah sering menemukan artikel yang similar dengan ini, namun dengan adanya "secret", sehingga menjadi pembeda dengan tips ulangan lainnya. Ok, silahkan simak beberapa tips dari saya dibawah ini.


ads

Tips "Secret" Siap Menghadapi Ulangan

Pelajari materi yang telah diberikan sampai ke akar-akarnya
Ini sangat penting untuk mendapat hasil maksimal, karena dengan memelajari materi sampai ke akar-akarnya kita memiliki wawasan yang lebih luas daripada hanya sekedar memelajari sub-sub materi yang telah diberikan oleh guru sebelumnya. Untuk itu kita perlu refrensi yang lebih, Anda bisa mencari refrensi di buku-buku yang berkaitan atau dengan mencari informasi di internet, misalnya di Wikipedia atau Wikibooks
Tidak terfokus pada batasan materi yang diberikan(kisi-kisi) 
Biasanya guru memberikan batasan materi sebelum ulangan atau sering disebut kisi-kisi, sebenarnya hal ini yang membuat siswa malas membaca dan mencari refrensi lain, sehingga wawasannya tidak bertambah. Jangan berfokus pada itu! Carilah refrensi lain yang mampu meningkatkan pemahaman Anda.
Cari waktu yang tepat untuk belajar
Ya, kadang kala kita terlalu memaksakan untuk belajar, hal ini membuat kita merasa tidak bersemangat dalam belajar. Materi yang dipelajari pun tidak benar-benar diserap secara sempurna. Cobalah mencari waktu belajar yang pas untuk Anda, jangan dipaksakan. Untuk durasinya sebaiknya jangan terlalu lama juga karena ini akan membuat efek suntuk dan tidak fokus.
Sebentar tapi sering
Seperti peribahasa "sedikit-sedikit menjadi bukit" dapat kita terapkan dalam sistem belajar kita. Dengan durasi sekitar 30-45 menit namun kita mampu memahami satu sub materi seutuhnya dengan berkala akan lebih efektif daripada kita belajar berjam-jam dan banyak sekali materi yang dipelajari.
Sediakan air mineral saat belajar
Sebenanya hanya opsional, namun mamfaatnya akan terasa. Jikalau sudah mulai mengantuk atau jenuh cobalah minum 2 sampai 3 tenggak air mineral. Ini akan membuat pikiranmu segar kembali.
Pahami dan istirahat
Jika telah mampu menguasai satu submateri seutuhnya, istirahatlah sejenak 10 - 15 menit. Agar tercipta jalan untuk memahami materi-materi yang lain lagi.
Lalu dimana rahasianya, kok dari tadi hanya seperti artikel yang lain? Sabar tunggu sebentar.
Ok ini rahasianya, sebenarnya simpel tapi hasil maksimal.

"Carilah motivasi utama"
Kadangkala seseorang meremehkan arti motivasi, padahal ini adalah hal yang mampu membuatmu lebih mudah memahami materi dan mendapatkan hasil yang sempurna. Anda bisa mendapat motivasi dari mana saja, misalnya membuat target yang harus dicapai seperti yang saya lakukan atau memikirkan seseorang yang spesial yang Anda ingin tunjukkan bagaimana kemampuan Anda. Selain itu, Anda bisa mencari kata-kata motivasi yang bisa membangun motivasi itu dalam diri Anda.

Sekianlah tips dari saya, ini baru tips sebelum menghadapi ulangan, Anda bisa membaca Tips Saat Menghadapi Ulangan untuk menambah aktualitas Anda dalam mencapai hasil terbaik. Terima kasih telah membaca Tips "Secret" Siap Menghadapi Ulangan. Jika kalian memiliki tips "secret" lainnya silahkan berkomentar, kita buka-bukaan agar bisa saling support mencapai kesuksesan.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Tips "Secret" Siap Menghadapi Ulangan

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!