Tips Sukses Saat Menghadapi Ulangan

Persiapan telah maksimal, materi sudah dikuasai, tapi hasil ulangan kurang memuaskan. Anda mungkin pernah mengalami hal ini bukan? Pasti sangat menjengkalkan, apalagi jika hanya sebuah kesalahan kecil karena kurang teliti akhirnya berdampak besar pada hasil ulangan kita. Hal ini terjadi bukan karena kita kurang siap, melainkan saat ulangan kita terlalu tertekan ataupun grogi sehingga seringkali kita mengalami "blankout" dan akhirnya semua persiapan kita sia-sia dan berakhir sebagai penyesalan. Oleh karena itu, ada beberapa tips yang ingin saya utarakan agar hal-hal di atas dapat diminimalisir dan hasil yang dicapai maksimal. Tips-tips ini saya rampung dalam artikel Tips Sukses Saat Menghadapi Ulangan.

Tips Sukses Saat Menghadapi Ulangan
Sebelum melangkah ke tahap selanjutnya mengenai Tips Sukses Saat Menghadapi Ulangan, sebaiknya Anda melakukan persiapan yang sebaik-baiknya, silahkan ke Tips "Secret" Siap Menghadapi Ulangan yang telah saya bagikan sebelumnya. Ok, setelah melakukan persiapan yang benar-benar mantap, selanjutnya kita akan mencoba memaksimalkan pemikiran dan tindakan kita saat menghadapi ulangan. Di sini saya akan uraikan tips-tips yang saya anggap efektif dalam beberapa poin-poin penting.

ads


Tips Sukses Saat Menghadapi Ulangan

Usahakan datang lebih awal
Dengan datang lebih awal Anda akan merasa lebih siap dibanding datang belakangan. Usahakan datang lebih awal dari teman-teman Anda dan cobalah berorientasi dan beradaptasi dengan ruangan. Ini merupakan hal kecil namun dampaknya akan terasa, cobalah bandingkan jika Anda datang awal dengan datang kesiangan, pasti terasa efeknya.
Tidak usah belajar terlalu dalam, saat sebelum ulangan
Banyak siswa yang sesampainya di sekolah lalu belajar dengan keras layaknya akan melakukan perang dunia. Hal ini malah akan membuat Anda kesulitan mengingat apa yang Anda telah pelajari, sering juga terjadi blankout saat Anda tengah mengerjakan ulangan Anda. Jadi sebaiknya tidak usah belajar saat di sekolah cukup membaca sekilas materi yang telah dipelajari sebagai pengikat ingatan kita terhadap materi yang telah dipelajari.
Komunikasikan dengan temanmu
Ini bukan saat ulangan ya, tapi saat sebelum ulangan. Cobalah komunikasikan materi yang belum kamu pahami betul dengan teman-temanmu. Bertukar pikiran akan membuat Anda memiliki ingatan yang semakin kuat. Hal ini lebih efektif dari belajar dan membaca buku yang terlalu dalam.
Percaya diri, saat ulangan
Yakinlah Anda bisa dengan pola pikir Anda sendiri tanpa bantuan orang lain alias murni dari hasil jerih payah sendiri. Ini akan sangat berdampak pada hasil ulangan Anda nantinya, karena jikalau Anda hanya berharap pada bantuan orang lain maka akan sulit fokus terhadap apa yang Anda ulangani, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi, seperti grogi ataupun tertekan. "You're yourself, it's your chance"
Jangan terburu-buru
Tetap santai dalam mengerjakan ulangan, jangan tergesa-gesa ataupun terburu-buru. Jika Anda terburu-buru biasanya akan ada hal yang terlewati atau kurang teliti yang mengakibatkan nilai Anda tidak maksimal. Telitilah setiap detail soal.
Fokus pada diri Anda sendiri
Biasanya bila sudah ada teman yang pekerjaannya selesai maka kita akan merasa ada tekanan, yang jika kita tidak mampu menetralisir tekanan ini maka akan menyebabkan Anda terburu-buru dan tidak fokus lagi. Tetaplah fokus pada diri Anda!
Tidak usah tegang atau stres
Bila telalu tegang ataupun stres saat menghadapi ulangan maka akan menyebabkan kita tidak fokus. Lalu bagaimana caranya mengusir ketegangan ini? Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menghilangkan ketegangannya, temukan dia dan praktikkan."everyone have different ways"
Kemarin ada rahasinya ya, ini tidak ada?
Ada juga, tapi jelas berbeda dengan yang sebelumnya. Ok ini yang sering saya lakukan untuk mengusir ketegangan.
"Menyanyi dengan volume kecil saat mengerjakan ulangan"
Ya, dengan menyanyi saya merasa lebih santai dan ringan untuk mengerjakan soal dan pastinya dapat mengusir ketegangan dan stres itu datang. Tapi cukup dengan volume kecil dan usahakan tidak mengganggu teman yang lainnya. Namun, seperti yang saya katakan tadi "everyone have different ways" ini mungkin hanya kebiasaan saya meski suara saya pas-pasan, merdu tidak, bagus juga tidak hehe.. Anda mungkin punya cara sendiri untuk itu.

Dengan demikian, dari berbagai tips di atas kuncinya tetap ada pada diri kita sendiri. Bila persiapan telah maksimal, dan saat menghadapi ulangan juga telah dimaksimalkan, maka selanjutnya kita serahkan kepada Yang di atas semoga apa yang kita lakukan mendapatkan hasil maksimal.



Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Tips Sukses Saat Menghadapi Ulangan

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!