Makna Kata Arkais Pada Pantun, Jikalau

Kata Arkais sudah jarang kita temukan saat ini, semua telah berganti ke zaman modern. Namun pada pantun masih sering terdapat kata-kata Arkais yang tersaji. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kata Arkais? Kata Arkais merupakan kata-kata yang berhubungan zaman dahulu atau kata-kata yang sudah tak lazim atau bisa juga dikatakan kata kuno. Menurut Wikipedia, Arkhais atau arkais, dari bahasa Yunani, artinya adalah: "dari sebuah masa yang lebih awal dan tidak dipakai lagi atau sesuatu hal yang memiliki ciri khas kuna atau antik." Sesuatu hal dalam ilmu bahasa yang sudah lama dan tidak digunakan lagi seringkali disebut sebagai "arkaisme".

Seringkali kita kesulitan dalam menemukan makna pantun yang sarat akan kata-kata Arkais, sehingga membutuhkan waktu untuk mencari makna katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berikut adalah contoh kata Arkais yang masih sering digunakan dalam pantun dan maknanya.

ads

Beberapa Kata Arkais dan Makna kata Arkais

Tingkap
  • Jendela di atap, di dinding, dan sebagainya.
Jikalau
  • Kalau ; Jika
Langau
  • Lalat besar yang suka mengisap darah hewan ; pikat .
Lesap
  • Hilang ; Lenyap ; Lucut.
Lubuk 
  • Bagian yang dalam di perairan (sungai, laut, danau, dan sebagainya)
Gaharu
  • Kayu yang harum baunya, biasanya dari pohon tengkuras ; Kayu manis
Tenun
  • Hasil kerajinan yang berupa bahan (kain) yang dibuat dari benang (kapas, sutera, dan sebagainya) dengan cara memasuk-masukkan pakan secara melingtan pada lungsin
Amanat
  • Keseluruhan makna atau isi pembicaraan ; konsep atau perasaan yang ingin disampaikan oleh pembicara untuk dimengerti dan diterima pendegar atau atau pembaca.
Selendang
  • Kain (sutra, dan sebagainya) panjang penutup leher (bahu, atau kepala) atau untuk menari
Pedada
  • Pohon yang tumbuh di hutan-hutan bakau, tingginya mencapai 15 meter. Berakar napas yang keluar dari lumpur, bentuk daunnya bulat telur, ujungnya tumpul dan membundar, panjangnya 5—13 cm; beremban;.
Itulah beberapa kata arkais dan maknanya, dengan adanya pantun sebagai media untuk mempelajari kembali kata-kata yang digunakan orang dahulu, membantu anak-anak sekarang memahami tutur kata orang-orang dulu. Selain kata Arkais, di dalam pantun juga terdapat diksi modern dan ungkapan.


Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Makna Kata Arkais Pada Pantun, Jikalau

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!