Mengulas Ide Agus Noor dalam Cerpen"Perihal Orang Miskin yang Bahagia"

Perlu kita ketahui bahwa dalam penulisan cerpen, terdapat ide yang tidak lain merupakan masalah yang bersumber dari peristiwa ataupun benda. Masalah-masalah ini nantinya akan terpecahkan dengan logika dari imajinasi. Di dalam sebuah cerpen terdapat ruang yang luas untuk mengembangkan imajinasi dalam memecahkan suatu persoalan sebagai sumber ide cerpen tersebut. Begitu juga dengan cerpen "Perihal Orang Miskin yang Bahagia" yang diciptakan oleh Agus Noor, oleh karena itu marilah kita kaji lebih dalam apa sebenarnya yang menginspirasi atau ide dari seorang Agus Noor dalam cerpen "Perihal Orang Miskin yang Bahagia".

Siapa sebenarnya sosok Agus Noor? 
Sebelum mengetahui mengenai idenya, kita sepatutnya harus tahu orangnya dulu siapa sebenarnya sosok dibalik terciptanya cerpen "Perihal Orang Miskin yang Bahagia". Anda bisa melihat Biografi dari Agus Noor untuk mengetahui itu lebih lanjut.
Mengulas Ide Agus Noor dalam Cerpen"Perihal Orang Miskin yang Bahagia"
Agus Noor

Cerpen"Perihal Orang Miskin yang Bahagia" yang menjelaskan bagaimana seseorang yang miskin namun tetap merasa bahagia. Diceritakan bahwa seumur hidupnya dia hanya menjadi pengemis dan ingin melanjutkan itu pada keturunannya, walaupun pada akhirnya ia menyadari bahwa itu salah. Terdapat berbagai kesan yang ada dalam cerpen ini yang mampu menggelitik dan membangun rasa empati siapa yang membacanya. Itulah kejelian dari sosok Agus Noor yang mampu membangun sebuah cerpen dengan analisa yang cukup tinggi.

Di dalam cerpen "Perihal Orang Miskin yang Bahagia" sebenarnya terdapat berbagai filosofi dan makna konotasi yang sulit untuk diserap secara langsung jika hanya dibaca secara sekilas, maka dari itu perlu pemahaman secara mendalam dengan membacanya berulang-ulang. Setelah mengetahui makna secara denotasi untuk keseluruhan cerpen, barulah kita coba menerka dari mana sang pengarang mendapat inspirasi dari cerpen tersebut. Adapun ide Agus Noor dalam Cerpen"Perihal Orang Miskin yang Bahagia" sebagai berikut.

ads

Ide Agus Noor dalam Cerpen"Perihal Orang Miskin yang Bahagia"

Kepekaan Agus Noor terhadap masalah sosial yaitu kemiskinan yang membangun rasa empati dalam diri pengarang, dengan rasa prihatin, respek, kasihan, dan tanggung jawab yang digambarkan dalam cerpen "Perihal Orang Miskin yang Bahagia". Dari cerpennya Agus Noor ingin membuka mata khalayak mengenai bagaimana nasib orang-orang yang terjerat dalam masalah kemiskinan.
Setelah menemukan ide permasalahan maka selanjutnya pengarang melakukan pengendapan atau pengolahan ide dengan melakukan berbagai obsevasi dan riset. Dengan melakukan analisa dan pengumpulan informasi dari lingkungan sekitar untuk selanjutnya akan dituangkan dan ditafsirkan ke dalam sebuah kerangka cerita. Selain itu, seorang pengarang perlu melakukan pemikiran terhadap kelogisan jalan cerita dan jawaban dari permasalahan yang terdapat dalam cerpen. Selanjutnya mengembangkan kerangka cerita secara perlahan dengan penggunaan diksi yang tepat dan mampu memberi kesan kepada pembaca, hingga terbentuklah suatu cerpen yang berjudul "Perihal Orang Miskin yang Bahagia".
Jika kita mengamati cerpen "Perihal Orang Miskin yang Bahagia" secara keseluruhan dan telah menemukan arti denotasi dari setiap bagian, kita dapat menemukan kelogisan dan analisis berpikir tingkat tinggi dari seorang Agus Noor. Oleh karena itu, dapat disimpulkan dalam cerpen ini untuk segi pemecahan masalah terkesan masuk akal atau logis.

Itulah ulasan mengenai Ide Agus Noor dalam Cerpen"Perihal Orang Miskin yang Bahagia". Dari ulasan ini kita dapat melihat bagaimana kepekaan pengarang terhadap masalah sosial yang terjadi di Indonesia, selain itu kita dapat memetik berbagai pelajaran yang secara tersirat dalam cerpen tersebut. semoga dapat berkesan dan bermamfaat bagi Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Mengulas Ide Agus Noor dalam Cerpen"Perihal Orang Miskin yang Bahagia"

1 komentar:

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!