Penyebab Perang Paregreg

Perang Paregreg adalah salah satu faktor keruntuhan kerjaan terbesar hindu-budha yang pernah berdiri di nusantara, yakni Kerajaan Majapahit adalah karena terjadinya perselisihan antara Kerajaan Majapahit Timur yang di bawahi oleh Bhre Wirabumi sebagai pewaris tahta dari Wijayarajasa dengan Kerjaan Majapahit Barat yang di bawahi oleh Wikramawardhana sebagai pewaris tahta dari Bhra Prabu.

Apa penyebab dari perang paregreg? Bagaimana akhir perang ini? Pertanyaan-pertanyaan ini akan terjawab dalam ulasan berikut ini.

ads

Penyebab Perang Paregreg

Perang Paregreg dalam Kerajaan Majapahit
Perang Paregreg dalam Kerajaan Majapahit

Awal Meletusnya Perang Paregreg 

Perang Paregreg meletus pada tahun 1404-1406 yang terus berlangsung secara lambat dan bertahap. Paregreg sendiri berarti perang setahap demi setahap dalam tempo lambat. Pemenang perang ini silih berganti, kadang pihak barat dan kadang pihak timur.

Penyebab-penyebab Perang Paregreg

  • Penyebab awal adanya perang paregreg adanya pembagian kekuasaan Majapahit menjadi Kerajaan Barat dan Kerajaan Timur pada masa pemerintahan Raden Wijaya. Yang kemudian pada masa pasca meninggalnya Hayam Wuruk/Bhra Prabu terjadi perselisihan antara Kerajaan Majapahit Barat dan Kerajaan Majapahit Timur.
  • Rasa segan antara Kerajaan Majapahit Barat dan Kerajaan Majapahit Timur.
  • Perebutan gelar Bhre Lasem terhadap istri atau ratu Kerajaan Majapahit Barat dan Kerajaan Majapahit Timur.

Akhir Perang Paregreg

Pada akhirnya Bhre Wirabhumi dikejar dan dibunuh oleh Raden Gajah bergelar Bhra Narapati yang menjabat sebagai ratu Angabhaya istana barat dengan sadis memenggal atau memotong kepala Bhre Wirabhumi kemudian Bhre Wirabhumi dicandikan di Lung atau Girisa Pura

Akibat Perang Paregreg

  • Perang Paregreg menyebabkan lemahnya pemerintahan pusat hingga membuat pengawasan terhadap daerah-daerah bawahan berkurang akibatnya satu persatu daerah bawahan melepaskan dari kekuasaan Majapahit.
  • Majapahit terus mengalami proses disintegrasi yang akhirnya membawa kepada keruntuhan kerajaan Majapahit itu sendiri.
Nah, itulah beberapa artikel mengenai Perang Paregreg, semoga bermanfaat.




Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Penyebab Perang Paregreg

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!