Teks Cerita Ulang Biografi Walt Disney

Tahukah Anda tentang siapa dibalik animasi Micky Mouse, Donal Duck, dan sebagainya yang sering kita lihat dalam tayangan televisi. Ya, setiap awal acara tertera logo "Walt Disney Production" yang merupakan perusahaan milik Walter Elias Disney yang didirikannya pada sekitar Perang Dunia I. Salah satu animasi yang membuat perusahaan ini serentak menjadi besar adalah animasi Snowhite and Seven Dwarfs yang kita kenal dengan Putri Salju.

Dalam mencapai puncak kariernya, Disney butuh perjuangan panjang. Beberapa kali ia harus mengalami kebangkrutan dalam usahanya. Namun, hasil jerih payahnya terbayar mahal dengan keberhasilan animasi-animasinya hingga ia terkenal akan pengaruhnya terhadap dunia hiburan pada abad ke-20. Beberapa pembaharuan pada Walt Disney Production yang saat ini berganti nama menjadi The Walt Disney Company termasuk animasi-animasi baru yang telah memiliki sentuhan 3D (tiga dimensi) serta DisneyLand yang didirikan hampir di berbagai belahan dunia. Untuk mengetahui sejarah perjalanan panjang karier Walt Disney berikut Teks Cerita Ulang Walt Disney.

ads

Teks Cerita Ulang Walt Disney

Walter Elias Disney atau lebih dikenal sebagai Walt Disney adalah produser film, sutradara,animator, dan pengisi suara berkebangsaan Amerika Serikat. Ia terkenal akan pengaruhnya terhadap dunia hiburan pada abad ke-20. Disney menjadi salah satu produser film paling terkenal di dunia. seorang penerbit film tersohor di dunia. Perusahaan yang didirikannya, kini dikenal sebagai The Walt Disney Company.
Teks Cerita Ulang Biografi Walt Disney
Teks Cerita Ulang Biografi Walt Disney

Walter Elias Disney lahir pada tanggal 5 Desember 1901 di Hermosa, Chicago, Illinois. Ayahnya bernama Elias Disney dan ibunya Flora Call. Keluarga Disney berkali-kali pindah tempat tinggal mengigat Elias yang memiliki pekerjaan sebagai petani dan peternak dan akhirnya menetap di Marceline. Di sini Disney mulai mengembangkan minatnya terhadap seni terutama seni lukis. Setelah empat tahun kemudian keluarga Elias Disney pindah ke Kansas City. Walt Disney kemudian masuk ke Benton Grammar School bersama Ruth adiknya.

Disney melanjutkan studi di McKinley High Scool saat keluarganya kembali ke Chicago. Di sekolahnya Disney menjadi seorang kartunis untuk koran sekolahnya. Pada usia 16 tahun Disney dikeluarkan dari sekolahnya lalu mencoba bergabung dengan Angkatan Bersenjata AS, tetapi karena alasan tidak cukup umur ia ditolak untuk bergabung. Akhirnya ia bergabung dengan Palang Merah dan menjadi supir ambulans. Kemudian pada tahun 1919 ia kembali ke Kansas City dan mencari peruntungan menjadi pelukis karikatur. Ia kemudian bekerja sebagai pembuat iklan, surat kabar, dan majalah di Pesmen-Rubin.

Pada awal 1920 ia bersama rekannya Ubbe Iwerks mendirikan perusahaan bernama "Iwerk-Disney Commercial Artist", namun perusahaan ini tak bertahan lama. Ia kemudian beralih menjadi pekerja di bidang cutout animation di Ad Company. Setelah itu dorongan untuk membentuk perusahaan sendiri muncul kembali, berhasil memukau Kansas City dengan kartun "Laugh-O-Grams". Beberapa usaha yang didirikan Walt antara lain dengan membangun studio sendiri di Hollywoo, kemudian membentuk Disney Brother's Studio bersama Iwerks.

Pada tahun 1925 ia menikah dengan Lillian Bounds yang merupakan salah satu pekerjanya. Lillian melahirkan seorang anak perempuan yang bernama Diane Marie Disney pada tanggal 18 Desember 1933. Keluarga Disney juga mengadopsi Sharon Mae Disney Akhirnya pada 1928 Disney memperundingkan kenaikan bayaran, yang menyebabkan banyak pekerjanya yang meninggalkannya kecuali Ikwers.

Kartun yang pertama dibuatnya dengan Iwerks yaitu Miki Mouse merupakan kartun bisu. Disney terus mengembangkan usahanya hingga animasi yang paling populer Disney yang berjudul Snow White and the Seven Dwarfs pada 21 Desember 1937 yang ditayangkan di Carthay Circle Theater yang meraih sukses. Kesuksesan ini merupakan zaman keemasan bagi Disney. Selanjutnya animasi-animasi lain seperti Donal Duck, Miki Mouse, dan banyak lagi produksi animasi Disney yang populer namun tak sepopuler Snow White.

Cinderella yang digarap setelah Perang Dunia II kemudian menjadi salah satu animasi populer Disney selanjutnya namun tidak mengalahkan kepopuleran Snow White. Bisnisnya kemudian beralih ke pembuatan taman bermain anak yang berjudul Disneyland. Disneyland dibuka secara resmi pada 17 Juli 1955. Dalam rentan satu dekade setelah perang dunia Walt Disney Production meraih berbagai penghargaan dengan berbagai anmasi-animasi garapan mereka.

Disney yang ternyata mengidap tumor di paru-paru kirinya meregang nyawa pada 15 Desember 1966. Tepat sepuluh hari setelah ulang tahunnya yang ke-65. Setelah kepergian Walt Disney, Roy Disney menguasai sepenuhnya Walt Disney Productions dan WED Enterprises.
Demikianlah Teks Cerita Ulang Biografi dari Walt Disney, apa yang dapat kita ambil dari perjalanan hidup dari Walt Disney? Yakni keteguhan dan semangatnya untuk maju yang tak pernah pudar dan padam.

Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Teks Cerita Ulang Biografi Walt Disney

1 komentar:

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!