Dampak Imperialisme terhadap Bangsa Indonesia

Dampak imperialisme di Indonesia mungkin sudah tidak dirasakan oleh generasi sekarang, namun jika kita mengutip sejarah kemerderkaan Indonesia kita dapat merasakan bagaimana perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi desakan para kolonial.

Indonesia dijajah kurang lebih 350 abad oleh bangsa-bangsa lain termasuk Belanda, Portugis, Inggris, dan sebagainya. Imperialisme tersebut menyisakan dampak baik maupun dampak buruk bagi bangsa Indonseia. Berikut kami ulas mengenai dampak imperialisme terhadap bangsa Indonesia.

ads

Dampak Imperialisme terhadap Bangsa Indonesia

Pengertian Imperialisme

Dampak Imperialisme terhadap Bangsa Indonesia
Dampak Imperialisme terhadap Bangsa Indonesia

Sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya kita pahami dulu apa yang dimaksud imperialisme. Imperialisme adalah paham yang mendasari suatu negara untuk menguasai negara/bangsa lain yang dilakukan dengan membentuk pemerintahan jajahan dengan tujuan untuk menguasai seluruh aspek kehidupan masyarakat, baik politik, ekonomi, sosial, budaya, dan militer.

Dampak Imperialisme

Dampak Buruk Bagi Bangsa Indonesia

Pada zaman imperialisme, bangsa Indonesia mengalami keterpurukan baik itu dari segi ekonomi, fisik, dan spiritual. Bayangkan saja jika dipaksa untuk bekerja keras dengan kecaman dan ancaman yang siap menerjang tubuh namun hasil kerja kerasnya tidak bisa dinikmati bahkan sepersekiannya. 

Selain itu, imperialisme juga mengeruk kekayaan alam bumi nusantara berupa rempah dan sebagainya yang menyebabkan rakyat semakin menderita apalagi ditambah dengan mengadu domba kerajaan-kerjaan yang ada di nusantara

Dampak Positif bagi Bangsa Indonesia

Tidak hanya menyisakan duka, tapi imperialisme juga menyisakan peniggalan-peniggalan yang masih kita nikmati sampai sekarang yang berupa bangunan dan infrastruktur, seperti jalan raya, benteng, dan sebagainya.

Selain itu, imperialisme datang mengenalkan cara mengolah tanaman yang lebih modern sehingga berdampak pada arus pola pikir masyarakat dalam bertani.

Demikianlah dampak dari imperialisme terhadap bangsa Indonesia, mungkin saat ini kitalah yang menikmati dampak positifnya namun yang harus kita pahami bahwa para pendahulu kita berjuang sekuat tenaga untuk hidup pada masa imperialisme. Kita tidak boleh hanya berpangku tangan, kita harus maju menjadi bangsa yang besar dan tetap menghargai jasa-jasa para pahlawan.

Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Dampak Imperialisme terhadap Bangsa Indonesia

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!