Jaringan Epidermis Tumbuhan

Jaringan Epidermis merupakan jaringan yang berada pada lapisan paling luar yang memiliki fungsi sebagai tameng atau pelindung jaringan dan organ di dalamnya. Epidermis hanya terdapat pada tumbuhan sedangkan hewan terdapat jaringan epitel.

Pernah mengupas kulit bawang? Ya itu merupakan salah satu contoh jaringan epidermis. Jaringan epidermis kebanyakan bersifat mikroskopis sehingga membutuhkan bantuan miksroskop untuk melihatnya.

Jaringan epidermis pada tumbuhan terbentuk dari protoderm. Biasanya epidermis terdiri atas satu lapisan saja. Pada sebuah jaringan epidedrmis biasanya terdapat kutin dan kutikula. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jaringan epidermis pada tumbuhan silahkan simak penjelasan berikut ini.

ads

Jaringan Epidermis Tumbuhan

Pengertian Jaringan Epidermis

Seperti yang disebutkan di atas bahwa Jaringan Epidermis adalah jaringan yang berada pada lapisan paling luar tumbuhan. Terbentuk dari protoderm dan kebanyakan terdapat selapis, namun beberapa tumbuhan memiliki epidermis lapisan ganda seperti anggrek dan sebagainya.

Fungsi Jaringan Epidermis

Jaringan epidermis berfungsi untuk melindungi jaringan dan organ yang ada di bawahnya. 
Selain itu epidermis juga berperan dalam membatasi penguapan, menyokong, penyerapan, dan penyimpanan air. Namun beberapa jaringan epidermis memiliki fungsi khusus yang akan dibahas di bawah.

Struktur Jaringan Epidermis

Jaringan epidermis memiliki struktur yang berbeda-beda namun pada umumnya berbentuk geometri yang tertata rapi, berikut contoh epidermis pada bawang merah.

Jaringan Epidermis Pada Bawang
Jaringan Epidermis Pada Bawang

Ciri Jaringan Epidermis

Berikut ciri-ciri jaringan epidermis.
  • Susunan sel rapat tanpa ruang antarsel. 
  • Dinding sel bervariasi tergantung posisi dan jenis tumbuhan. 
  • Tidak berkloroplas, kecuali pada sel penutup, pada hidrofit dan tumbuhan di bawah naungan.
  • Berisi protoplasma hidup yang berisi kristal garam, minyak, getah, dan kristal silikat. 
  • Vakuola besar, dapat berisi antosianin. 

Bentuk Modifikasi Jaringan Epidermis

Beberapa epidermis ditemukan memiliki beberapa fungsi-fungsi khusus yang sering disebut modifkasi jaringan epidermis berikut beberapa contoh modifikasi jaringan epidermis.
Modifikasi Jaringan Epidermis
Modifikasi Jaringan Epidermis
Litokis
Sel yang lebih besar dari epidermis normal dengan pertumbuhan khusus ke arah dalam. Sel ini berisi kristal calsium karbonat yang disebut sistolit. Berfungsi memberikan pertahanan yang lebih pada batang.

Stomata
Celah dan kedua sel penutupnya pada daun. Sel penutup/penjaga adalah dua buah sel dengan bentuk khusus yang mengapit celah. Berfungsi sebagai media keluar masuknya gas pada daun tumbuhan.

Trikoma
Trikoma adalah tonjolan epidermis terdiri dari satu sel atau lebih. Fungsi trikoma pada tumbuhan sebagai pelindung terhadap gangguan dari luar dan mengurangi penguapan,

Rambut akar
Pada akar terdapat rambut-rambut halus yang merupakan modifikasi dari epidermis yang berfungsi untuk penyerapan air di dalam tanah.

Nah, itulah penjelasan mengenai jaringan epidermis pada tumbuhan, semoga bisa membantu.

Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Jaringan Epidermis Tumbuhan

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!