Jaringan Otot Pada Manusia dan Hewan

Jaringan otot tersusun atas miofibril yang mengakibatkan otot mampu berkontraksi. Fungsi jaringan otot adalah untuk melakukan berbagai gerakan pada tubuh. Otot dibedakan mejadi otot halus, otot lurik dan otot jantung. Berikut penjelasan mengenai jaringan otot pad manusia dan hewan.

ads

Jaringan Otot Pada Manusia dan Hewan

Berdasarkan sifat, ciri-ciri, dan fungsinya otot dibedakan menjadi otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

Otot Polos

Otot polos terdiri atas sel-sel otot polos berbentuk seperti gelendong dengan ujung yang lancip di kedua ujungnya. Intinya terletak di tengah dan hanya satu. Otot polos lambat terhadap ransangan dan bekerja secara tak sadar (involunter). Otot polos tidak cepat lelah dalam bekerja. Otot polos terdapat pada organ-organ dalam.
Otot Polos
Otot Polos

Otot Lurik



Otot lurik terdiri atas sel-sel otot lurik yang berlurik-lurik, karena melekat pada rangka otot lurik juga sering disebut sebagai otot rangka. Otot lurik memiliki banyak inti yang terletak di tepi sel otot lurik. Otot lurik cepat terhadap ransangan dan bekerja secara sadar (volunter). Otot lurik cepat lelah dalam bekerja karena menggunakan energi ATP. 
Otot Lurik
Otot Lurik

Otot Jantung


Otot jantung terdiri atas sel-sel otot jantung yang mirip dengan otot lurik namun bercabang-cabang. Inti otot jantung berada di tengah dan terdiri atas satu atau dua inti. Otot jantung cepat terhadap ransangan dan bekerja secara tak sadar (involunter). Otot jantung tidak cepat lelah dan hanya terdapat pada organ jantung.
Otot Jantung
Otot Jantung

Demikian pencerahan mengenai jaringan otot pada manusia, perbedaan dan persamaan antara otot polos, otot lurik, dan otot jantung. Terima kasih dan semoga bermanfaat.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Jaringan Otot Pada Manusia dan Hewan

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!