Penjelasan Jaringan Penyokong atau Pengikat

Selain jaringan epitel, jaringan otot, dan jaringan jaringan saraf di dalam tubuh manusia atau hewan terdapat jaringan yang berfungsi untuk menyokong jaringan lain atau menyelubungi orang-organ tubuh yang lemah yang disebut dengan Jaringan Penyokong atau Pengikat. Jaringan penyokong atau pengikat terbagi atas beberapa macam diantaranya jaringan lemak, jaringan pengikat longgar, jaringan pengikat serabut padat, jaringna tulang, jaringan tulang rawan, jaringan darah, dan jaringan limfa. Berikut ulasan lengkap mengenai jaringan penyokong.

ads

Penjelasan Jaringan Penyokong atau Pengikat

Pengertian jaringan pengikat atau jaringan penyokong adalah jaringan yang mempunyai serabut untuk menyokong sel-sel pada jaringan tersebut.

Jenis-Jenis Jaringan Pengikat

Jaringan Lemak atau Jaringan Adiposa

Jaringan lemak hampir terdapat diseluruh tubuh. Bentuk jaringan lemak longgar dan tersusun atas sel-sel lemak yang berbentuk poligon atau bulat dengan dinding sel yang tipis. Jaringan lemak berfungsi menjaga suhu tubuh, sebagai makanan cadangan, sebagai bantalan, dan sebagainya.
Jaringan Lemak
Jaringan Lemak

Jaringan Pengikat Longgar

Jaringan pengikat longgar memiliki matriks besar dengan banyak sel dan serabut berbahan firoblas, makrofag, dan sel darah putih. Jaringan pengikat longgar berfungsi mengelilingi berbagai organ, menopang sel saraf dan pembuluh darah, penyimpanan glukosa, mineral, dan air, serta menyokong jaringan dan organ. Jaringan pengikat longgar terdapat pada antara-antara organ dan membungkus pembuluh darah dan saraf.

Jaringan Tulang

Jaringan tulang tersusun atas matriks yang mengandung kapur sehingga berbentuk padat dan berbentuk spons, yang di dalamnya membentuk sistem havers oleh saluran havers, lamella, dan kalinukuli. Fungsi jaringan tulang adalah membentuk kerangka yang menyokong tubuh, dan melindungi organ-organ vital. Selengkapnya mengenai tulang keras.

Jaringan Tulang Rawan

Jaringan tulang rawan berfungsi memberikan kekuatan serta menyokong rangka. Jaringan ini terdapat berbagai matriks yang tersusun dari serabut fibrosa, serabut elastin, dan serabut hialin. Tulang rawan berasal dari masenkim pada anak-anak dan perikondrium pada orang dewasa. Selengkapnya mengenai tulang rawan.

Jaringan Darah

Jaringan darah terdiri atas sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan kepingan darah (trombosit). Jaringan darah berfungsi dalam mengantarkan oksigen dan karbon dioksida, mangangkut zat metabolisme, mengangkut sari-sari makanan. Selengkapnya mengenai Sistem Peredaran Darah.

Jaringan Limfa

Fungsi dari jaringan limfa adalah mengangkut protein, lemak dan, zat lain dari jaringan ke sistem peredaran. Selain itu jaringan limfa berperan pada sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Jaringan limfa terdiri atas limfosit dan granulosit.

Itulah informasi mengenai jaringan penyokong atau jaringan pengikat. Semoga saja ini bisa membantu teman-teman dalam memahami materi tentang jaringan hewan.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Penjelasan Jaringan Penyokong atau Pengikat

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!