Makna Kata atau Istilah Serapan, Hidrologi

Dalam berbagai konteks kaidah Bahasa Indonesia sering kita jumpai bahasa-bahasa atau kata-kata yang diambil dari bahasa asing atau bahasa daerah. Kata atau istilah inilah yang biasa disebut dengan kata serapan atau istilah serapan. Penggunaan kata serapan terdapat dalam berbagai bentuk teks Bahasa Indonesia salah satunya yang paling sering adalah bentuk teks eksplanasi.

Sering kali tidak mendengar atau membaca istilah atau kata yang tak lazim dan berbentuk bahasa asing maupun bahasa daerah, sehingga kita sulit mengartikan maknanya. Untuk menemukan makna dari kata serapan, kita dapat membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia. Berikut penjabaran mengenai Makna Kata Serapan di bawah ini.

Makna Kata atau Istilah Serapan, Hidrologi
ads

Makna Kata atau Istilah Serapan, Hidrologi
Makna Kata atau Istilah Serapan, Hidrologi

Pengertian Kata Serapan

Kata serapan adalah kata-kata atau unsur yang diserap dari bahasa asing atau bahasa daerah yang diterima pemakaiannya secara umum.

Pengelompokan Kata Serapan

Kata serapan dibagi ke dalam dua golongan, yakni terserap sepenuhnya dan terserap sebagian.

Terserap Sepenuhnya

Kata serapan yang cara pengucapan dan penulisannya masih mengikuti cara atau bentuk asing. Misalnya kata titik beku yang diserap dari kata Freezing Point.

Terserap Sebagian

Kata serapan yang cara pengucapan dan penulisannya disesuaikan dengan kaidah Bahasa Indonesia. Misalnya kata Hidrologi yang diserap dari kata Hidrology, pengubahan terjadi pada huruf terakhir "y" menjadi "i".

Makna Beberapa Kata Serapan

Berikut ini makna dari beberapa kata serapan yang berkaitan dengan hidrologi.
  • Hidrologi adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang pergerakan, distribusi, dan kualitas air di permukaan bumi. Diserap dari kata hidrology.
  • Presipitasi adalah istilah geografi berupa proses pengendapan, baik dari dalam lautan maupun dari udara ke permukaan bumi. Diserap dari kata precipitation.
  • Evaporasi adalah proses yang terjadi apabila jumlah molekul yg keluar dari permukaan lebih besar daripada jumlah yang kembali ke permukaan air atau proses perubahan molekul zat cair menjadi gas atau uap airata disebut dengan penguapan. Diserap dari kata evaporation.
  • Transpirasi adalah pelenyapan uap air dari permukaan daun tumbuhan melalui proses biokimia dan nonkimia. Diserap dari kata transpiration.
  • Kondensasi adalah perubahan uap air atau benda gas menjadi benda cair pada suhu udara di bawah titik embun. Diserap dari kata condensation.
  • Gravitasi adalah kekuatan atau gaya tarik bumi. Diserap dari kata gravitation.
  • Retensi adalah penyimpanan atau penahanan. Diserap dari kata retention.
  • Temperatur adalah panas dinginnya badan atau hawa atau suhu. Diserap dari kata temperature.
  • Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja atau daya yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan atau tenaga. Diserap dari kata energy.
Nah, demikianlah makna dari beberapa kata serapan yang sempat saya bahas. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Makna Kata atau Istilah Serapan, Hidrologi

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!