Memahami Struktur Teks Eksplanasi "Banjir"

Teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena alam maupun fenomena sosial. Teks eksplanasi bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana dan mengapa, sehingga dalam struktur teks eksplanasi terdapat banyak pernyataan sebab akibat. Contoh teks eksplanasi misalnya banjir, pelangi, hujan, dan sebagainya.

Struktur teks eksplanasi terdiri dari pernyataan umum, sebab-akibat 1, sebab-akibat 2, sebab-akibat 3, dan penutup. Selain struktur teks eksplanasi juga terdapat kaidah-kaidah kebahasaan dalam penulisan suatu teks eksplanasi. Kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi meliputi kongjungsi dan kata serapan. Untuk lebih lengkapnya berikut penjelasan mengenai struktur teks eksplanasi.

Memahami Struktur Teks Eksplanasi "Banjir"

Teks Eksplanasi "Banjir"
Teks Eksplanasi "Banjir"

Pengertian Teks Eksplanasi

Pengertian teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena baik fenomena alam maupun fenomena sosial. Dalam sebuah teks eksplanasi terdapat banyak pernyataan sebab akibat untuk menjelaskan secara detail suatu fenomena.

Kaidah kebahasaan dalam Teks Eksplanasi

Dalam sebuah teks eksplanasi terdapat beberapa kaidah kebahasaan diantaranya adalah konjungsi, kata serapan, dan istilah khusus.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi terbagi menjadi pernyataan umum, urutan sebab-akibat, penutup.

Pernyataan umum

Pernyataan umum adalah gambaran awal tentang apa yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum atau tahap pembuka tentang hal yang akan dijelaskan. Biasanya terdapat pada bagian awal teks atau paragraf pertama misalnya dalam teks "banjir".
"Banjir adalah fenomena alam yang bersumber dari curah hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lama pada daerah aliran sungai (DAS). Banjir terjadi karena sebab alam dan tindakan manusia. Penyebab alami banjir adalah erosi dan sedimentasi, curah hujan, pengaruh fisiografi/geofisik sungai, kapasitas sungai, drainase lahan, dan pengaruh air pasang. Penyebab banjir karena tindakan manusia adalah perubahan tata guna lahan, pembuangan sampah, kawasan padat penduduk di sepanjang sungai, dan kerusakan bangunan pengendali banjir. "
Urutan Sebab Akibat

Urutan sebab akibat adalah inti penjelasan apa yang disampaikan, berisi urutan sebab akibat dari fenomena yang dibahas. Dalam bagian ini terdapat berbagai konjungsi yang digunakan. Biasanya urutan sebab-akibat terdapat beberapa bagian. Terdapat setelah bagian umum misalnya dalam teks "banjir"
Penyebab Alami Banjir 
Sebagai akibat perubahan tata guna lahan, terjadi erosi sehingga sedimentasi masuk ke sungai dan daya tampung sungai menjadi  berkurang. Hujan yang jatuh ke tanah airnya akan menjadi aliran permukaan (run-off) di atas tanah dan sebagian meresap ke dalam tanah, yang tentunya bergantung pada kondisi tanahnya. Ketika suatu kawasan hutan diubah menjadi permukiman, hutan yang bisa ......... karena terjadi aliran balik.
Penyebab Banjir karena Faktor Sosial 
Perubahan tata guna lahan merupakan penyebab utama banjir dibandingkan dengan yang lainnya. Apabila suatu hutan yang berada dalam suatu aliran sungai diubah menjadi permukiman, debit puncak sungai akan meningkat antara 6 sampai 20 kali. Angka 6 dan angka 20 ini bergantung pada jenis hutan dan jenis permukiman. Demikian............ daya tampung sungai. Masalah kawasan kumuh dikenal sangat penting sebagai faktor sosial terhadap masalah banjir daerah perkotaan.
Penutup
Penutup berisi pandangan atau simpulan penulis, bersifat opsional sehingga bisa ada maupun tidak ada dalam suatu teks eksplanasi.

ads Demikianlah penjelasan mengenai struktur teks eksplanasi. Semoga dapat membantu Anda dan bermanfaat. Sekian dan terima kasih.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Memahami Struktur Teks Eksplanasi "Banjir"

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!