Memahami Struktur Teks Eksposisi

"Peran dan Manfaat WTO Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional, salah satunya adalah liberalisasi perdagangan, yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi."
Teks di atas merupakan cuplikan dari sebuah contoh teks eksposisi. Bila kita menganalisis contoh di atas dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa teks eksposisi berisi sebuah suatu topik permasalahan yang dikemukakan kepada publik. Cukup menarik mengenai teks eksposisi oleh karena itu kali ini kita akan bahas mengenai Struktur Teks Eksposisi, berikut ulasan selengkapnya.

ads

Memahami Struktur Teks Eksposisi

Memahami Struktur Teks Eksposisi
Memahami Struktur Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Sebelum melangkah ke struktur teks eksposisi, pertama-tama kita harus tahu pengertian dari teks eksposisi. Pengertian teks eksposisi adalah salah satu bentuk pengembangan paragraf yang bertujuan untuk menjabarkan suatu pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat, dan akurat.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi terdiri atas tiga bagian yakni, tesis (pernyataan pendapat), argumentasi, dan penegasan ulang pendapat.

Tesis (pernyataan pendapat)

Merupakan gagasan utama atau prediksi penulis tentang sebuah permasalahan yang berdasarkan fakta. Contoh di awal merupakan sebuah contoh tesis yang menyangkut masalah ekonomi.

Argumentasi

Merupakan penjelasan secara lebih mendalam pernyataan pendapat (tesis) yang diyakini kebenarannya oleh penulis melalui pengungkapan fakta-fakta sebagai penjelasan argumen penulis. Di tandai dengan kalimat-kalimat yang berisikan pendapat penulis terhadap permasalahan yang menjadi topik pembiacaraan.

Penegasan ulang pendapat

Merupakan penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi bagian sebelumnya. Terdapat dalam bagian akhir dari suatu teks eksposisi.

Nah, itulah pembahasan kita tentang pengertian dan struktur dari teks esposisi, disamping itu Anda dapat melihat contoh teks eksposisi untuk mengembangkan pengetahuan Anda tentang teks eksposisi. Semoga bermanfaat dan terima kasih. 
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Memahami Struktur Teks Eksposisi

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!