Menganalisis Struktur Teks Negosiasi

Seringkali kita berjumpa dengan suatu permasalahan atau konflik yang rumit di lingkungan sekitar, baik itu konflik antar perorangan maupun konflik antar kelompok. Jika terjadi konflik seperti ini kita harus tetap menjaga emosional dan berkepala dingin, karena marah dan emosi hanya akan memperburuk suatu keadaan dalam konflik.

Untuk mengatasi suatu konflik biasanya diadakan jalur musyawarah dengan tujuan menyelesaikan masalah tanpa akibat yang tidak diinginkan oleh kedua belah pihak yang bertikai. Di dalam musyawarah ini biasanya terjadilah negosiasi antara pihak-pihak yang bertikai maupun diwakilkan. Nah, untuk menuliskan negosiasi ke dalam sebuah teks tertulis maka dibuatlah teks negosiasi. Bukan hanya konflik yang berhubungan dengan teks negosiasi, namun banyak sekali unsur kehidupan kita yang membutuhkan kepiawaian melakukan negosiasi, misalnya mendaftar di perusahaan, menawar harga barang, dan sebagainya. Kali ini kita akan mencoba untuk menganalisis struktur teks negosiasi.

ads

Menganalisis Struktur Teks Negosiasi

Menganalisis Struktur Teks Negosiasi
Menganalisis Struktur Teks Negosiasi

Pengertian Teks Negosiasi

Negosiasi dilakukan karena pihak-pihak yang berkepentingan perlu membuat kesepakatan mengenai persoalan yang menuntut penyelesaian bersama. Tujuan negosiasi adalah untuk mengurangi perbedaan posisi setiap pihak. Mereka mencari cara untuk menemukan butir-butir yang sama sehingga akhirnya kesepakatan dapat dibuat dan diterima bersama.

Struktur Teks Negosiasi

Struktrur dari teks negosiasi terdiri dari pembuka, isi, dan penutup.

Pembuka
Pada tahap ini, negosiasi dimulai dengan mengucapkan salam atau memberi sapaan. Contoh yang lazim digunakan adalah "Selamat siang/sore/pagi" atau Assalamu' alaikum, Pak. Setelah melakukan sapaan yang dilakukan selanjutnya adalah memperkenalkan diri kedua pihak.

Isi
Di bagian isi tujuan dari negosiasi disampaikan dan mulailah terjadi inti pembicaraan dalam negosiasi. 

Penutup
Jika telah dilakukan negosiasi maka dilakukan sapaan penutup untuk mengakhiri percakapan.

Untuk lebih memahaminya Anda dapat melihat contoh teks negosiasi ini.

Teks negosiasi sangat penting untuk kita pelajari, adakalanya nanti akan bermanfaat bagi kehidupan kita kelak di masa yang akan datang. Semoga memberi manfaat ke pada Anda.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Menganalisis Struktur Teks Negosiasi

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!