Mengkaji Struktur Teks Ulasan atau Resensi

Ulasan atau resensi/review biasa dilakukan atas suatu karya disekitar kita sebagai umpan balik dari rasa kritis kita terhadap hal tersebut. Ulasan yang berbentuk teks disebut sebagai teks ulasan. Teks ulasan bertujuan sebagai media melontarkan kritikan secara sopan dan santun terhadap suatu bahan. Nah, kali ini kita akan mencoba untuk mengkaji struktur teks ulasan. Berikut struktur dari teks ulasan yang dibahas secara jelas.

Dapatkan PULSA GRATIS 100 RIBU!!

Mengkaji Struktur Teks Ulasan

Struktur Teks Ulasan
Struktur Teks Ulasan

Pengertian Teks Ulasan

Pengertian teks ulasan adalah teks yang berisi tinjauan suatu karya baik berupa film, buku, benda dan lain sebagainya untuk mengetahui kualitas, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut yang ditujukan untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai. Teks ulasan bertujuan sebagai media untuk menyampaikan ulasan dengan etika yang sopan, santun, dan tepat waktu.

Struktur Teks Ulasan

Struktur teks ulasan terdiri dari bagian orientasi, tafsiran isi, evaluasi, dan rangkuman berikut penjelasan selengkapnya.

Orientasi
Merupakan gambaran umum atas bahan atau karya sastra yang akan diulas. Gambaran umum karya atau benda tersebut bisa berupa paparan tentang nama, kegunaan, dan sebagainya.

Tafsiran isi
Tafsiran isi memuat pandangan pengulasnya sendiri mengenai karya yang diulas. Pada bagian ini penulis biasanya membandingkan karya tersebut dengan karya lain yang dianggap mirip. Selain itu, penulis juga menilai kekurangan dan kelebihan karya yang diulas

Evaluasi
Bagian evaluasi dilakukan penilaian terhadap karya, penampilan, dan produksi. Bagian tersebut berisi gambaran terperinci suatu karya atau benda yang diulas. Hal ini bisa berupa bagian, ciri, dan kualitas karya tersebut. 

Rangkuman
Pada bagian ini penulis memberikan ulasan akhir berupa simpulan karya tersebut.

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai struktur teks ulasan atau resensi semoga menjadi manfaat bagi Anda. Untuk memantapkan pemahaman Anda, dapat dilihat contoh teks ulasan berikut ini.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Mengkaji Struktur Teks Ulasan atau Resensi

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!