Pengertian Diskusi dan Diskusi Panel

Kalau lagi kumpul sama teman-teman pasti ada saja yang jadi topik pembicaraan. Ada yang bertindak sebagai pembicara dan ada yang bertindak sebagai pendengar. Memiliki topik bahasan dan dilakukan oleh dua orang atau lebih. Tapi apakah sudah tepat obrolan itu dinamakan dengan diskusi? Apa sebenarnya pengertian diskusi sebenarnya? Mari kita bahas secara runtut di bawah ini.

ads

Pengertian Diskusi dan Diskusi Panel

Pengertian Diskusi dan Diskusi Panel
Pengertian Diskusi dan Diskusi Panel

Pengertian Diskusi

Pengertian diskusi adalah pertukaran pikiran, pendapat, dan gagasan dalam bentuk lisan untuk mencari solusi untuk sebuah masalah dan mendapat kesepahaman. Jadi kasus di atas sudah bisa dikatakan sebagai diskusi, tapi merupakan bentuk diskusi informal. Apa yang dimaksud diskusi informal kita lihat pembahasannya di bawah.

Bentuk-bentuk Diskusi

Diskusi Informal

Diskusi Informal adalah bentuk diskusi tidak resmi, sehingga dalam diskusi informal tidak terdapat moderator, pemateri, notulen, dan peserta diskusi. Contoh diskusi informal seperti kasus di atas.

Diskusi Formal

Diskusi formal merupakan bentuk diskusi resmi yang ditandai dengan adanya para pemeran diskusi seperti moderator, notulen, pemateri, dan peserta diskusi. Terdapat berbagai macam jenis diskusi formal seperti seminar, loka karya, diskusi panel, dan masih banyak lagi. Namun, kali ini kita akan berfokus pada diskusi panel.

Pengertian Diskusi Panel

Pengertian diskusi panel adalah bentuk diskusi resmi yang dilakukan dengan menghadirkan beberapa pemateri yang melihat topik pembicaraan dari sudut pandang yang berbeda-beda, yang disebut dengan panelis. Hal inilah yang membedakan diskusi panel dengan diskusi lainnya, yakni adanya panelis karena itulah disebut dengan diskusi panel. Seperti halnya bentuk diskusi lainnya diskusi panel juga terdapat moderator, notulen, peserta dan panelis. 

Di dalam diskusi panel, panelis berperan untuk menyampaikan pandangan-pandanganya terhadap suatu masalah yang dibahas. Biasanya terdapat hingga empat atau lima penelis sesuai dengan topik bahasan diskusi, jadi jumlah panelis tidak dibatasi. Sehingga dinamakan Panelis 1, Panelis 2, Panelis 3, dan seterusnya. Setiap panelis merupakan orang yang ahli di bidangnya dengan demikian memiliki sudut pandang terhadap topik yang berbeda. Sudut pandang yang biasanya diambil adalah sudut pandang agama, pendidikan, sosial budaya, etika, ekonomi dan sebagainya sesuai dengan topik yang dibahas dalam diskusi.

Dengan demkian berakhirlah pembicaraan kita mengenai pengertian diskusi dan pengertian diskusi panel. Semoga bermanfaat bagi teman-teman semua.

Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Pengertian Diskusi dan Diskusi Panel

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!