Pengertian Ideologi Sebagai Dasar Negara

Suatu rumah akan berdiri kokoh jika memiliki pondasi yang kuat. Pondasi di sini adalah dasar rumah agar dapat berdiri dengan baik. Begitu juga sebuah negara, diperlukan pondasi-pondasi yang kuat agar dapat tetap kokoh dan terus berkembang. Dasar negara ini disebut dengan ideologi yang merupakan cita-cita luhur dari proklamator bangsa.

Setiap negara di dunia memiliki ideologi tersendiri, negara kita Indonesia yang menjad ideologi adalah pancasila yang berarti lima dasar. Berikut uraian tentang pengertian ideologi.

ads

Pengertian Ideologi Sebagai Dasar Negara

Seperti uraian di atas bahwa Ideologi sangat penting bagi suatu bangsa, oleh karenanya kita harus menjunjung tinggi dan menghormati ideologi negara kita. Dari tadi kita berbicara mengenai ideologi tapi belum tahu apa sebenarnya yang dimaksud dengan ideologi. Inilah pengertian dari Ideologi sebagai dasar negara.
Pengertian Ideologi Sebagai Dasar Negara


Pengertian ideologi yakni suatu gagasan, ide-ide dasar, keyakinan dan kepercayaan yang bersifat sistematis yang memberikan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.

Istilah ideologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, yakni idea dan logos. Idea berarti melihat (idean), sedangkan logos berasal dari kata logos yang berarti pengetahuan atau teori.

Maka ideologi dapat diartikan hasil penemuan dalam pikiran yang berupa pengetahuan atau teori. Ideologi dapat juga diartikan suatu kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas, pendapat (kejadian) yang memberikan arah tujuan untuk kelangsungan hidup.

Ideologi terbagi menjadi dua, yaitu ideologi terbuka dan ideologi tertutup.

Pengertian Ideologi terbuka adalah ideologi yang mampu mengikuti perkembangan jaman dan bersifat dinamis atau merupakan suatu sistem pemikiran terbuka yang merupakan hasil konsensus dari masyarakat itu sendiri, nilai-nilai dari cita-citanya tidak dipaksakan dari luar melainkan digali dan diambil dari suatu kekayaan, rohani, moral dan budaya masyarakat itu sendiri.

Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

Pengertian ideologi Pancasila menjadi pedoman dan acuan bangsa Indonesia dalam menjalankan aktivitas di segala bidang sehingga sifatnya harus terbuka, luwes dan fleksibel tidak tertutup dan kaku melainkan harus mampu mengikuti perkembangan jaman tanpa harus mengubah nilai-nilai dasarnya. Pancasila memberikan orientasi ke depan dan selalu menyadari situasi kehidupan yang sedang dihadapi dan akan dihadapi di era keterbukaan/globalisasi dalam segala bidang.

Bangsa Indonesia memiliki ideologi pancasila yang telah disusun saat perumusan dasar negara oleh para proklamator-proklamtor bangsa. Oleh karena itu ideologi pancasila sepatutnya kita hormati dan cintai sebagai bangsa yang cinta terhadap tanah airnya.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Ideologi Sebagai Dasar Negara

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!