Proses dan Penyebab Penyakit Kuning

Mungkin pernah kita temukan orang-orang yang terkena penyakit kuning di lingkungan sekitar kita. Organ yang mengalami kelainan adalah organ hati yang berfungsi memproses hem menjadi bilirubin dan biliverdin. 

Bilirubin inilah yang menyebabkan feses berwarna kuning begitu juga yang terjadi pada urine. Apabila hati tidak bekerja sempurna alias mengalami kelainan maka bilirubin ini tidak dapat diekskresikan maupun dikeluarkan melalui pencernaan. Maka dari itu akan menumpuk dan menybabkan badan penderitanya berwarna kuning karena masuk ke dalam aliran darah. 

ads
Proses dan Penyebab Penyakit Kuning
Proses dan Penyebab Penyakit Kuning
Kelainan pada fungsi hati ini yang erat kaitannya dengan bilirubin bisa saja karena penyumbatan empedu oleh tumor dan sebagainya atau sejumlah sel darah merah dipecahkan dalam hal ini jumlah sel darah merah yang dipecahkan melebihi biasanya. Bisa juga karena terjadi peradangan di dalam hati atau kelainan lainnya.

Gejala penyakit kuning
  • Seluruh tubuh tampak menguning begitu juga dengan bola mata.
  • Feses berwarna lebih gelap.
  • Adapula gejala lainnya yang berdasarkan penyakit yang diderita, misalnya kurang nafsu makan karena terserang penyakit hepatitis.
Begitulah penjabaran singkat mengenai proses dan penyebab penyakit kuning yang terjadi pada manusia. Penyakit kuning dapat kita hindari dengan menjaga pola hidup sehat dan sering melakukan pemeriksaan oleh dokter.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Proses dan Penyebab Penyakit Kuning

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!