Sarana Hubungan Internasional

Telah dijelaskan sebelumnya tentang pengertian hubungan internasional. Untuk menjalin sebuah hubungan internasional maka diperlukan sarana-sarana yang mendukung jalannya sebuah hubungan internasional antara satu negara dengan negara lainnya.

Sarana hubungan internasional terdiri atas diplomasi, ekonomi, militer, dan propaganda. Tentunya setiap negara memiliki sarana tersendiri untuk menjalin hubungan internasional dengan negara lain dan yang paling banyak saat ini melalui diplomasi yakni perwakilan diplomatik.

ads

Sarana Hubungan Internasional

Sarana Hubungan Internasional
Sarana Hubungan Internasional

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa hubungan internasional disaranai oleh diplomasi, ekonomi, militer, dan propaganda.

Diplomasi

Diplomasi mencakup kegiatan politik luar negeri suatu negara dalam artian hubungannya dengan negara lain atau subjek hukum internasional tertentu. Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan diplomasi diantaranya
  • Menentukan tujuan dengan mempergunakan semua daya dan tenaga untuk mencapai tujuan tersebut. 
  • Menyesuaikan kepentingan dari negara lain dengan kepentingan nasional sesuai dengan daya dan tenaga yang ada padanya. 
  • Menentukan apakah tujuan nasional sejalan atau berbeda dengan kepentingan negara lain.
  • Mempergunakan sarana dan kesempatan yang ada sebaik-baiknya.
Hubungan diplomasi ditandai dengan adanya perwakilan-perwakilan diplomatik. Untuk selengkapnya mengenai hubungan diplomatik baca disini.

Ekonomi

Sarana ekonomi berkaitan dengan perdagangan internasional dimana negara-negara dalam taraf internasional memenuhi sebagian kebutuhan negaranya dengan melakukan perdagangan internasional baik sebagai importir atau sebaliknya menjadi eksportir. Tentunya ini diatur dalam hukum internasional tentang perdagangan internasional.

Militer

Kekuatan militer dari suatu negara menunjang dalam hubungan diplomasi. Negara yang memiliki serangkaian militer yang kuat akan kebal terhadap ancaman-ancaman dan tekanan yang dapat mengganggu kepentingan nasional di negara itu.

Propaganda

Bentuk propaganda juga menjadi sarana hubungan internasional yang sejatinya kurang baik. Negara-negara yang melakukan propaganda biasanya memiliki niat tersendiri. Propaganda adalah usaha sistematis yang digunakan untuk mempengaruhi pikiran, emosi, dan tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum.

Sarana-sarana hubungan internasional merupakan hal yang penting agar terwujud hubunngan-hubungan internasional yang baik sehingga tercapai sebuah kedamaian di dunia dan terhindar dari malapetaka perang. Usailah pembahasan kita mengenai Sarana Hubungan Internasional semoga bermanfaat.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Sarana Hubungan Internasional

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!