Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Minggu, 08 Maret 2015

Sarana Hubungan Internasional

Telah dijelaskan sebelumnya tentang pengertian hubungan internasional. Untuk menjalin sebuah hubungan internasional maka diperlukan sarana-sarana yang mendukung jalannya sebuah hubungan internasional antara satu negara dengan negara lainnya.

Sarana hubungan internasional terdiri atas diplomasi, ekonomi, militer, dan propaganda. Tentunya setiap negara memiliki sarana tersendiri untuk menjalin hubungan internasional dengan negara lain dan yang paling banyak saat ini melalui diplomasi yakni perwakilan diplomatik.

ads

Sarana Hubungan Internasional

Sarana Hubungan Internasional
Sarana Hubungan Internasional

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa hubungan internasional disaranai oleh diplomasi, ekonomi, militer, dan propaganda.

Diplomasi

Diplomasi mencakup kegiatan politik luar negeri suatu negara dalam artian hubungannya dengan negara lain atau subjek hukum internasional tertentu. Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan diplomasi diantaranya
  • Menentukan tujuan dengan mempergunakan semua daya dan tenaga untuk mencapai tujuan tersebut. 
  • Menyesuaikan kepentingan dari negara lain dengan kepentingan nasional sesuai dengan daya dan tenaga yang ada padanya. 
  • Menentukan apakah tujuan nasional sejalan atau berbeda dengan kepentingan negara lain.
  • Mempergunakan sarana dan kesempatan yang ada sebaik-baiknya.
Hubungan diplomasi ditandai dengan adanya perwakilan-perwakilan diplomatik. Untuk selengkapnya mengenai hubungan diplomatik baca disini.

Ekonomi

Sarana ekonomi berkaitan dengan perdagangan internasional dimana negara-negara dalam taraf internasional memenuhi sebagian kebutuhan negaranya dengan melakukan perdagangan internasional baik sebagai importir atau sebaliknya menjadi eksportir. Tentunya ini diatur dalam hukum internasional tentang perdagangan internasional.

Militer

Kekuatan militer dari suatu negara menunjang dalam hubungan diplomasi. Negara yang memiliki serangkaian militer yang kuat akan kebal terhadap ancaman-ancaman dan tekanan yang dapat mengganggu kepentingan nasional di negara itu.

Propaganda

Bentuk propaganda juga menjadi sarana hubungan internasional yang sejatinya kurang baik. Negara-negara yang melakukan propaganda biasanya memiliki niat tersendiri. Propaganda adalah usaha sistematis yang digunakan untuk mempengaruhi pikiran, emosi, dan tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum.

Sarana-sarana hubungan internasional merupakan hal yang penting agar terwujud hubunngan-hubungan internasional yang baik sehingga tercapai sebuah kedamaian di dunia dan terhindar dari malapetaka perang. Usailah pembahasan kita mengenai Sarana Hubungan Internasional semoga bermanfaat.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

1 Response to Sarana Hubungan Internasional

  1. Kisah Nyata ....
    Assalamualaikum.Wr.wb.Salam Sejahtra Buat Yang Berada Di Perantauan,Saya Ingin Berbagi Rejeki Untuk Anda Yang Mempunyai Masalah Ekonomi.Dan Yang Selalu Kala Dalam Permainan Angka Togel.Dimana Anda Dapat Menemukan Berbagai Macam Solusi Yang Tepat Untuk Mengatasi Masalah Ke Ekonomian Anda Serta Membuat Hidup Anda Akan Jauh Lebih Baik Dari Sebelumnya.Contoh Nya Saya Sendiri Orang Yang Dulunya Sangat Di Lilit Hutang. Semua Hutang2 Saya Mencapai 90jutaan.Saya Sangat Bingung Serasa Tak Berdaya Memikirkan Hutang Sebanyak Itu. Rasanya Sangat Tersiksa.Dengan Keadaan Di Kejar2 Hutang, Dan Secara Tidak Sengaja Saya Buka Buka Internet Dan Saya Menemukan.Komentar Dari Seorang TKI.Yang Dulunya Mempunyai Masalah Yang Sama Sprti Saya, Tapi Hidup Nya Suda Sukses Dan Kaya Raya, Dia Di Bantu Oleh Sala Satu Paranormal Yaitu KI,RIMBA.Dan Saya Sungguh Penasaran.Dan Tertarik Ingin Mencoba Meminta Bantuan Dari KI,RIMBA Tapi Saya Sempat Berpikir Bahwa,ini Penipuan..Tapi Saya Suda Sangat Bingung Entah Dengan Cara Apa Yang Harus Saya Lakukan.Agar Hutang2 Saya Bisa Saya Lunasi .Dengan Ke Adaan Saya Di Kejar2 Hutang Membuat Saya Nekat Dan Memberanikan Diri Untuk.Menghubungi KI,RIMBA Dan Meminta Petunjuk, Akhir Nya Beliau Telah Membantu Saya Melalui. Pesugihan dana Hibah/Dana Barokah.Dengan Senang Hati Beliau Ingin Membantu Saya. Asalkan Saya Bisa Mengikuti Semua Arahan Yang Di Berikan Oleh Beliau Untuk Masuk Member, Akhirnya Saya Mengikuti Semua Arahan Dari Beliau, Alhamdulillah Saya di Terimah Untuk Menjadi Member. Dan Saya Di Bantu Melalui Penarikan dana gaib nya.Saya sangat Terkejut Ketika Melihat Bukti Bahwa Ternyata Penarikan Dana Gaib Tersebut.Benar2 Ada..Alhamdulillah Saya Telah Berhasil.Mendapatkan Uang Sebesar 2 Millyar. Ya allah,Saya Benar2 Tidak Menyangka Engkau Telah Merubah Nasib Saya. Meskipun Dengan Cara Sprti ini. Saya.Sangat Bersyukur Kepada A.s.w.t.Atas Riski Yang Di Berikan Kepada Saya..Terutama Ki,RIMBA Yang Telah Membantu Saya.Ntah Bagaimana Saya Bisa Membalas Kebaikan Beliau.Saya Sangat Bersukur Atas Semua Yang Saya Dapatkan.Dari Beliau.Berkat Bantuan KI,RIMBA.Akhirnya Saya Bisa Melunasi Semua Hutang2 Saya.Dan Berbagi Kpda Anak Yatim. Ini Benar Benar Kisah Nyata Dari Saya, Di Setiap Manusia Pasti Memiliki Rasa Takut.Bimbang.Dan Ragu.Jika Itu Semua Bisa Anda Hilangkan.Insa Allah, Anda lah Orang Yang Nanti Nya Akan Sukses..Untuk Semua Teman2 Di Mana Pun Anda Berada Yang Mengalami Masalah Perekonomian Dan Yang Ingin Mendapatkan Angka Gaib HasiL RituaL/Jitu’2D_3D_4D_6D Di Jamin 100% TEMBUS.Silahkan Anda hubungi AKI,RIMBA di Nomor_0_8_2_3_1_7_7_4_7_2_3_4_Hanya Melayani Orang Yang Betul2 Percaya Adanya Dunia Lain.inilah Kesempatan Anda Untuk Merubah Nasib Anda.Ingat.Kesempatan Tidak Datang Untuk Kedua Kalinya.Baca Selengkap Nya KLIK https://ramalanangkajituakirimba.blogspot.co.id Salam Sukses Dan Salam Kompak Selalu ★

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top