Pengertian Internet Lengkap

Di kurikulum 2013 tidak ada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi, namun karena beberapa sekolah telah kembali menggunakan KTSP berarti pelajaran TIK kembali lagi menjadi salah satu bahan ajaran di sekolah. Maka dari itu saya akan menulis sebuah artikel yang menjadi artikel pertama dalam mata pelajaran TIK di blog ini, yakni pengertian internet.

Berbicara mengenai pengertian internet, banyak pengguna internet tidak tau secara pasti pengertian dari internet. Mari kita analisa pengertian intenet dari berbagai sudut pandang.

ads

Pengertian Internet Lengkap

Mari kita mulai dari pengertian internet secara harfiah.

Pengertian Internet Secara Harfiah

Pengertian internet (interconnected-networking) adalah rangkaian komputer yang saling terhubung di dalam beberapa rangkaian yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).

Pengertian Jaringan Internet

Pengertian jaringan internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol(TCP) dan Internet Protocol(IP) yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.

TCP (Transmission Control Protocol) bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan baik dan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisi data dari suatu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data antar komputer.

Penggunaan Internet di Indonesia

Pengguna internet di Indonesia terus berkembang dari tahun ke tahun, hal ini didukung dengan semakin pesatnya ISP menyediakan paket internet yang sesuai dengan budget masyarakat. Masyarakat internet ini disebut dengan istilah netizen. Selain itu dengan berkembangnya Smartphone juga membuat pengguna internet di masyarakat Indonesia makin luas dan makin banyak.

Jaringan internet saat ini yang tecepat menggunakan jaringan 5G, kalau tidak salah sekitar 10GBPS di Korea Selatan. Sebelumnya 4G, 3G, dan generasi-generasi sebelumnya. Indonesia sendiri jaringan paling apik adalah jaringan 4G dan baru di kota-kota besar saja.

Semoga apa yang telah saya tulis mengenai pengertian internet ini bisa menambah wawasan teman-teman. Sebagai netizen kita harus pandai-pandai menyaring konten-konten di Internet.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Internet Lengkap

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!