Unsur Intrisik Sebuah Novel

Unsur Intrisik Sebuah Novel. Sebuah novel dibagun atas unsur-unsur yang melekat di dalamnya. Layaknya karya sastra prosa lainnya novel terdiri atas unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Pada pembahasan kali ini kita hanya akan berfokus mengenai unsur-unsur instrinsik sebuah novel.

Unsur intrinsik novel adalah unsur yang membangun novel dari dalam. Adapun unsur intrinsik novel diantaranya adalah tema, plot/alur, latar, penokohan, amanat, sudut pandang, dan gaya bahasa. Unsur-unsur itulah yang akan menjadi bahan kajian kita kali ini.

Unsur Intrisik Sebuah Novel

Seperti yang dikatakan di atas bahwa unsur instrinsik novel tersusun atas tema, plot/alur, latar, penokohan, amanat, sudut pandang, dan gaya bahasa.

Tema

Tentunya kita tahu bahwa tema itu adalah unsur paling penting dari novel begitu juga karya sastra lainnya. Tema adalah pokok atau gagasan utama terbentuknya sebuah karya sastra. Tema dalam novel biasanya bersifat umum meliputi kehidupan, romantis, dan sebagainya.

Alur atau Plot

Novel yang baik biasanya memiliki alur yang mampu menarik pembaca atau memiliki unsur plausibilitas yang bagus. Alur ini terbagi tiga yakni maju, mundur, campuran. Untuk pengertian alur maju, mundur, dan campuran saya rasa Anda sudah pasti tau.

Latar

Berbiacara mengenai latar, latar juga yang akan memberikan kesan kepada pembaca bagaimana seorang penulis menentukan unsur intrisik latar dalam novelnya adalah kunci sukses sebuah novel yang baik. Rata-rata latar diambil dari sisi kehidupan penulis misalnya penulis merupakan Orang Jawa latar atau setting novel biasanya berbau Adat Jawa dan sebagainya.

Penokohan

Penokohan dalam sebuah novel bersifat dinamis, artinya bisa saja sebuah tokoh antagonis di akhir cerita menjadi protagonis atau sebaliknya. Sesuai dengan ide dari penulis novel bagaimana membangun alur seperti yang saya tuliskan di bab sebelumnya.

Amanat

Dalam sebuah novel amanat dapat dipetik dengan cara tersirat sehingga pembaca harus benar-benar membaca novel mulai awal hingga akhir agar menemukan makna yang diselipkan oleh penulis.

Sudut Pandang

Sudut pandang sebuah novel berupa orang pertama maupun orang ketiga. Hal ini biasanya ditandai dengan kata ganti orang yang digunakan. Sangat mudah menebak sudut pandang penceritaan sebuah novel.

Gaya Bahasa

Gaya bahasa berisi tentang bagaimana bentuk bahasa yang digunakan penulis menuliskan novelnya ke dalam novelnya. Gaya bahasa digunakan sebagai pemikat pembaca agar terus menelusuri cerita sampai selesai.

Cukup sampai disini bahasan mengenai unsur intrinsik dalam novel, saya menyarankan Anda untuk melihat juga unsur ekstrinsik novel. Selamat beraktivitas kembali.
Bagi ke FB
Bagi ke G+

Related : Unsur Intrisik Sebuah Novel

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!