Inilah Pengertian Asuransi Syariah Beserta Ciri-ciri dan Keuntungannya

Takdir manusia memang tidak ada yang tahu. Oleh karena itu, yang bisa Anda lakukan adalah melakukan beberapa tindakan pencegahan terhadap hal-hal buruk yang mungkin Anda alami sepanjang hidup Anda. Dalam hal ini, asuransi bisa memegang peran penting untuk membantu Anda mengatasi hal-hal tidak terduga yang bisa saja terjadi kapanpun. Namun, sebagai umat Islam, sebaiknya Anda memilih asuransi syariah bisa menjamin Anda terhindar dari hal-hal haram. Akan tetapi, tahukah Anda mengenai pengertian asuransi syariah serta ciri utama dan keunggulannya? Berikut ini penjelasan singkat yang mungkin bisa membantu Anda memahami konsep asuransi islam.

Asuransi Syariah

Pengertian Asuransi Syariah dan Ciri-cirinya

Sangatlah penting memahami lebih jauh tentang asuransi menurut islam. Hal ini karena sistem asuransi konvensional yang Anda kenal selama ini ternyata banyak mudaratnya tidak seperti asuransi syariah. Pengertian asuransi syariah adalah bentuk asuransi yang dilandasi oleh usaha saling tolong-menolong dan melindungi di antara beberapa orang melalui aset investasi berupa asuransi dengan pola pemberian klaim atas resiko tertentu sesuai dengan akad syariah yang berlaku. Setelah memahami pengertiannya, Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai ciri-ciri asuransi syariah.

Seperti yang tertera pada pengertian asuransi syariah bahwa akad asuransi ini bersifat tabaru yang tidak menggunakan premi melainkan sumbangan atau infaq. Oleh karena itu, asuransi islam dijamin bebas dari riba ataupun gharar yang jelas diharamkan dalam Islam. Karena tidak ada satupun pihak yang melakukan pembayaran untuk mendapatkan keuntungan, melainkan memberikan sumbangan kepada anggota lainnya yang terkena musibah. Maka, asuransi inipun tidak menerapkan perjanjian akad mulzim yang wajib dilaksanakan. Selain itu, ikatan kekeluargaan antar anggota tentunya terbangun dengan sangat baik. Selain pengertian asuransi syariah dan ciri-ciri yang disebutkan di atas, adapula keunggulan yang perlu Anda tahu.

Pengertian Asuransi Syariah Serta Keunggulannya

Dalam pengertian dan ciri-ciri asuransi menurut islam sudah terlihat bahwa dalam konsep asuransi ini terdapat banyak sekali keuntungan yang bisa didapat. Di dalam pengertian asuransi syariah disebutkan bahwa adanya konsep tolong menolong. Hal ini sangat menguntungkan bagi seluruh anggota karena disaat salah satu anggota mengalami musibah, klaim yang dikeluarkan berasal dari hasil sumbangan anggota lain yang tentunya telah setuju untuk menyumbangkannya. Lalu, dana yang terkumpul akan diinvestasikan dengan sistem mudharabah atau bagi hasil. Keuntungan ini sangat sesuai dengan apa yang tertera pada pengertian asuransi syariah.

Kemudian, berbeda dengan asuransi konvensional dimana uang pembayaran menjadi milik perusahaan, dalam asuransi islam dana yang terkumpul tetap milik nasabah sedangkan perusahaan hanya berhak untuk membantu dalam pengelolaan. Oleh karena itu, tidak ada istilah keuntungan melainkan hasil sumbangan yang nantinya akan digunakan untuk membayar klaim anggota yang terkena musibah. Lalu, asuransi ini juga bebas dari perjudian seperti yang terjadi pada asuransi konvensional yang mempertaruhkan resiko dengan keuntungan dari nasabahnya. Dengan memahami pengertian asuransi syariah Anda pun akan mengerti pula tentang ciri dan keuntungan yang didapat dari asuransi yang berdasarkan hukum syariah.

Beberapa penjelasan singkat di atas tentunya dapat membuat Anda mengerti bahwa asuransi menurut islam memang lebih baik dibandingkan dengan asuransi konvensional yang lebih banyak mengandung mudharat. Tak hanya lebih baik, asuransi syariah juga memiliki banyak keunggulan yang bisa diperoleh para nasabah. Setelah memahami dengan lebih baik mengenai pengertian asuransi syariah Anda pun kini bisa memutuskan untuk memilih sistem asuransi syariah yang benar menurut aturan Islam dan tentunya terhindar dari hal-hal haram yang merugikan.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Inilah Pengertian Asuransi Syariah Beserta Ciri-ciri dan Keuntungannya

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!