Pengertian, Tujuan, dan Sasaran Usaha Kesehatan Sekolah(UKS)

Usaha Kesehatan Sekolah atau yang disingkat dengan UKS merupakan sebuah unit kesehatan yang bertujuan untuk menolong menolong murid atau warga sekolah yang sedang sakit. UKS ini biasanya dilakukan di ruang kesehatan sekolah. Usaha Kesehatan Sekolah diajarkan mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas atau SMA yang berupa organisasi kecil yang menolong warga sekolah. Idealnya, setiap sekolah pasti memiliki organisasi kesehatan ini.
Usaha Kesehatan Sekolah(UKS)

Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah

Ada banyak definisi untuk Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ini. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan memberikan definisi bahwa UKS adalah upaya untuk membina dan mengembangkan pola atau kebiasaan hidup sehat. Kegiatan ini dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan di sekolah. Departemen Kesehatan RI memberikan pengertian yang hampir sama. Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah adalah usaha kesehatan masyarakat yang dijalankan di sekolah. Pelakunya adalah anak didik dengan segala lingkungannya di sekolah. Kegiatan ini bermanfaat untuk mengajarkan membiasakan perilaku hidup sehat sedini mungkin.

Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah
menurut Azrul Azwar berbeda lagi. Ia mengatakan bahwa Usaha Kesehatan Sekolah adalah bagian dari sebuah usaha kesehatan pokok yang dibebankan kepada puskesmas untuk ditujukan kepada sekolah-sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk mencapai keadaan anak yang sehat sesehat-sehatnya sekaligus untuk meningkatkan prestasi belajar anak di sekolahnya.

Dari beberapa pengertian Usaha Kesehatan Sekolah yang telah dijelaskan, secara umum tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat serta derajat kesehatan peserta didik untuk menciptakan lingkungan sehat sehingga mengutamakan perkembangan anak yang harmonis. Sedangkan tujuan khusus dari UKS adalah memupuk kebiasaan hidup sehat yang mencakup beberapa hal, yaitu penurunan angka sakit di sekolah, peningkatan kesehatan siswa, supaya siswa memiliki pengetahuan, perilaku, dan ketrampilan untuk melakukan hidup sehat dan prinsip hidup sehat serta berperan aktif untuk meningkatkan kesehatan di sekolah, meningkatkan pelayanan kesehatan di sekolah, mencegah siswa terjerumus dalam lingkaran obat-obat terlarang.

Alat-Alat Usaha Kesehatan Sekolah

Sasaran usaha kesehatan sekolah ini adalah semua warga sekolah mulai dari taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah, dan lain sebagainya. Agar para pelaku UKS bisa menjalankan tugasnya dengan baik, perlu alat-alat usaha kesehatan sekolah. Alat-alat ini cukup sederhana. Pertama, UKS perlu sebuah ruangan tersendiri yang di dalamnya terdapat perabotan yang mendukung kegiatan. Perabotan ini berupa tempat tidur dan kasur, meja, kursi, lemari, dan lain sebagainya. Alat-alat usaha kesehatan sekolah yang lainnya adalah obat-obatan. Obat yang tersedia dalam UKS adalah obat-obatan yang berfungsi sebagai pertolongan pertama, misalnya paracetamol, obat merah, obat alergi, obat diare dan jenis obat yang lainnya.

Selanjutnya, pengelola Usaha Kesehatan Sekolah juga membutuhkan alat-alat kesehatan. Alat-alat usaha kesehatan sekolah ini merupakan alat-alat yang sederhana seperti stetoskop, alat ukur tensi darah, dan alat timbang badan. Ketiga alat-alat kesehatan sekolah ini sangat penting karena menjadi langkah awal yang digunakan untuk memeriksa keadaan seseorang. Lalu, UKS juga butuh perlengkapan penunjang untuk menambah fungsi UKS. Perlengkapan penunjang ini seperti buku-buku kesehatan, poster kesehatan, dan informasi kesehatan lainnya yang bermanfaat untuk UKS.

Demikian adalah sedikit penjelasan mengenai Usaha Kesehatan Sekolah berkaitan dengan definisi, sasaran, dan juga tujuannya. Dengan mengikuti Usaha Kesehatan Sekolah ini, siswa akan mampu mempelajari seperti apa pola hidup sehat dan bagaimana cara membiasakannya. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk para pembaca sekalian.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian, Tujuan, dan Sasaran Usaha Kesehatan Sekolah(UKS)

2 komentar:

  1. Penjelasan yang sangat lengkap, terima kasih informasinya. sukses selalu :)

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!