Sharing Pengertian, Tips, dan Contoh Bisnis Plan Sederhana

Tentu Anda sering mendengar bisnis plan. Apa sebenarnya pengertian bisnis plan? Secara umum, bisnis plan bisa diartikan sebagai rencana bisnis yang bisa berupa peta yang di dalamnya tertulis mengenai apa rencana ke depan bisnis Anda. Contoh bisnis plan sederhana akan memberikan arahan mengenai apa yang harus Anda lakukan dan apa rencana Anda untuk mewujudkan bisnis impian tersebut. Secara sederhana, pengertian bisnis plan ini adalah sebuah rencana bisnis lengkap yang di dalamnya tertulis dengan jelas langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai target dalam kurun waktu yang sudah ditentukan. Contoh bisnis plan sederhana akan menggambarkan proyeksi bisnis beberapa tahun ke depan dan juga target apa yang ingin dicapai.
Contoh Bisnis Plan Sederhana

Contoh Bisnis Plan Sederhana yang Mudah Diikuti

Sebenarnya membuat bisnis plan sangatlah sederhana. Tak perlu melihat contoh bisnis plan sederhana orang lain. Anda hanya harus mengetahui apa saja faktor yang harus diperhatikan dalam menyusun sebuah bisnis plan kemudian merencanakan sendiri arah bisnis Anda ke depannya. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah target bisnis yang ingin dicapai. Tulislah apa yang ingin dicapai dari bisnis yang dijalankan. Tak perlu panjang lebar menguraikan, cukup beberapa baris saja. Langkah selanjutnya adalah menuliskan deskripsi bisnis. Tulislah apa bisnis Anda dan apa yang akan dilakukan untuk mencapai target yang sudah dituliskan tadi. Tulis juga tentang harapan besar untuk bisnis Anda. Sebenarnya, ini lebih mirip dengan visi bisnis, tetapi tulislah dengan lebih sederhana. Hal ini cukup penting agar perusahaan keuangan di Indonesia dapat mempertimbangkan bisnis Anda.

Faktor yang ketiga adalah produk dan jasa. Buatlah daftar berisi produk atau jasa yang akan Anda tawarkan. Ketahui kondisi pasar dan cari tahu seberapa besar pasar membutuhkan produk Anda. Hal yang paling mudah untuk menentukan produk atau jasa apa yang akan Anda tawarkan adalah dengan bertanya pada diri sendiri, apakah Anda membutuhkannya. Ketika membuat contoh bisnis plan sederhana, Anda tentu harus benar-benar mempertimbangkan hal yang satu ini.

Faktor yang selanjutnya adalah dengan analisis pasar. Setelah menentukan produk atau jasa apa yang akan ditawarkan, sekarang saatnya untuk menganalisis keadaan pasar produk Anda. Terakhir, dan sekaligus menjadi yang paling penting, adalah dana. Hitung dan rencanakan dengan tepat kira-kira darimana modal untuk mengembangkan usaha. Dalam membuat contoh bisnis plan sederhana ini, buatlah dua kolom, kolom pertama pengeluaran dan kolom kedua pemasukan. Buatlah rencana dana yang cermat dan teliti.

Strategi Contoh Bisnis Plan Sederhana

Faktor keuangan adalah suatu strategi yang harus dipikirkan dengan matang. Jika kita adalah seorang pebisnis baru, mungkin belum banyak perusahaan keuangan di Indonesia yang akan memercayai kita. Ketika Anda membuat contoh bisnis plan sederhana, tentu Anda membutuhkan sumber dana kecil sebagai sebuah lembaga atau perusahaan keuangan di Indonesia yang akan memberikan modal usaha. Selain keuangan, seorang pebisnis juga harus merencanakan operasional dan juga manajemen. Strategi ini dirancang demi menggambarkan fungsi operasional dan juga managemen bisnis secara berkelanjutan. Strategi operasional dan manajemen ini akan lebih menyorot pada logistic dari bisnis yang di dalamnya termasuk manajemen team, modal dan biaya yang dibutuhkan.

Demikian adalah paparan singkat bagaimana cara membuat contoh bisnis plan sederhana. Tak ada hal yang susah dalam membuat rencana dan target. Selama hal tersebut tidak terlalu muluk-muluk dan Anda berusaha dengan keras untuk mewujudkan contoh bisnis plan sederhana yang telah dibuat, target besar apa pun pasti akan mungkin diraih. Kunci utama kesuksesan adalah gigih dan tekun dalam berjuang.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Sharing Pengertian, Tips, dan Contoh Bisnis Plan Sederhana

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!