Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Selasa, 02 Agustus 2016

2 Contoh Homofon pada Kalimat Sederhana

Dalam pelajaran bahasa Indonesia ketika di sekolah dulu, ada istilah homofon. Anda semua mungkin ada yang masih ingat, dan ada yang sudah lupa. Istilah homofon ini sebenarnya sangat sederhana dan tidak sulit. Setelah membaca artikel berikut ini tentang contoh homofon pasti Anda akan mengerti. Umumnya istilah homofon ini digunakan pada kehidupan sehari-hari. Karena homofon lebih sering didengar daripada dibaca.
Contoh Homofon
Walaupun mungkin beberapa tulisan secara tidak sengaja telah menggunakan contoh homofon.
Homofon sendiri berasal dari kata homo dan foni. Homo berarti sama, sedangkan foni maksudnya adalah suara. Homofon berarti pelafalan suara yang sama, tetapi berbeda pada ejaan alias penulisannya. Dari pengertiannya saja sebenarnya kita sudah dapat menemukan beberapa contoh homofon yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah kalimat-kalimat yang menggunakan kata homofon.

2 Contoh Homofon pada Kalimat Sederhana

  • Saya sangsi dengan perbuatannya
  • Sanksi yang diberikan kepada siswa itu cukup berat
Dalam kedua kalimat di atas, terdapat penggunaan homofon sangsi (ragu) dan sanksi (hukuman). Keduanya memiliki pengucapan yang sama tetapi penulisan yang berbeda.

Contoh homofon lainnya adalah rok (pakaian wanita) dan rock (jenis aliran musik). Lagi-lagi dengan pelafalan yang sama tetapi penulisannya berbeda.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai contoh homofon. Ketahuilah bahwa tidak sulit untuk menemukan contoh-contoh penggunaan homofon di sekitar kita. Semoga dapat berguna untuk Anda.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 2 Contoh Homofon pada Kalimat Sederhana

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top