Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Rabu, 10 Agustus 2016

2 Contoh Hukum Perdata Singkat

Sebenarnya, contoh hukum perdata sangatlah mudah. Karena pada dasarnya, hukum perdata adalah hukum yang mengatur tentang kewajiban, hak, serta kepentingan antar individu yang ada di dalam masyarakat. Dimana hal ini bersifat privat atau tertutup. Oleh karenanya, hukum perdata juga biasa disebut dengan nama hukum privat. Berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa menjelaskan kepada Anda apa saja yang dimaksud dengan hukum perdata.
Contoh Hukum Perdata

4 Contoh Hukum Perdata Singkat

Contoh hukum perdata salah satunya adalah tentang warisan. Misalnya saja, si A baru saja meninggal kemudian anak-anaknya berselisih paham terkait dengan warisan yang ditinggal. Nah, dari sinilah terjadi perlaporan ke pihak berwajib terkait dengan perselisihan tentang warisan. Hukum perdata akan menyelesaikan permasalahan tersebut secara privat antara kedua belah pihak.

Contoh hukum perdata selanjutnya adalah tentang perceraian. Pernahkah Anda melihat sepasang suami istri yang bertengkar kemudian ingin bercerai namun terasa sangat sulit karena ada banyak sekali masalah yang belum terselesaikan? Pada akhirnya, akan ada pelaporan kepada pihak yang berwenang untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kasus pencemaran nama baik juga bisa dikategorikan sebagai contoh hukum perdata. Hal ini dikarenakan kasus ini hanya menyangkut antara kedua belah pihak yang saling berselisih.

Masih terasa kurang? contoh hukum perdata lainnya adalah tentang sengketa tanah. Dimana terjadi perselisihan antara kedua belah pihak yang memperebutkan lahan atau bangunan sehingga berujung pada pelaporan.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 2 Contoh Hukum Perdata Singkat

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top