Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Kamis, 11 Agustus 2016

3 Contoh Homograf Sederhana

Ada banyak contoh homograf yang bisa diketahui dengan mudah walaupun tidak dalam suatu gabungan kalimat yang utuh. Homograf adalah kata-kata yang memiliki ejaan atau tulisan yang sama namun pelafalan dan artinya berbeda. Berikut ini adalah contoh-contoh kata homograf.
Contoh Homograf

3 Contoh Homograf Sederhana

Contoh homograf yang pertama adalah “memerah”. Misalnya, “Andi diajak memerah susu sapi oleh pamannya di peternakan”. Kemudian “wanita itu wajahnya memerah setelah bertemu dengan kekasihnya”. Meskipun menggunakan kata yang sama yakni “memerah”, pelafalan dan maknanya berbeda bukan? Pada kalimat pertama memerah menunjukkan kegiatan mengambil susu sapi, sementara pada kalimat kedua menunjukkan warna wajah karena malu.

Contoh homograf selanjutnya adalah “tahu”. Kalimat pertama adalah “Beni memakan tahu”. Sementara kalimat kedua “Susy tahu bahwa ibunya akan datang hari ini”. Pada kalimat pertama, tahu yang dimaksudkan adalah makanan yang berasal dari ampas kedelai. Sedangkan pada kalimat kedua menunjukkan mengetahui atau menyadari suatu hal terjadi.

Contoh homograf berikutnya adalah “keset”. “Lantai itu sudah dibersihkan hingga keset” dan “ Taruh kembali keset itu ke depan pintu”. Keset pada kalimat pertama memberikan penjelasan bahwa lantai tersebut sudah sangat bersih atau licin. Sementara keset pada kalimat kedua memiliki arti suatu alat untuk mengelap kaki.

Bagaimana? Sudahkah Anda paham apa yang dimaksud dengan homograf? semoga contoh homograf di atas dapat memberikan pengertian mendalam kepada Anda.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 3 Contoh Homograf Sederhana

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top