Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Kamis, 11 Agustus 2016

3 Contoh Homograf yang Mudah Dimengerti

Contoh homograf sangat mudah dipahami meskipun tidak disatukan dengan kata-kata lain dan membentuk kalimat. Sebab homograf adalah kata-kata yang memiliki ejaan sama namun berbeda pengertiannya. Berikut ini adalah beberapa contoh yang akan membuat Anda mengerti apa yang dimaksud dengan kata homograf.
Contoh Homograf

3 Contoh Homograf yang Mudah Dimengerti

“Apel” merupakan salah satu contoh homograf. Misalnya, “Dhani memakan apel yang segar” dan “Para PNS itu melakukan upacara apel setiap pagi”. Dari dua kalimat tersebut, kata “apel” memiliki makna yang berbeda. Apel pada kalimat pertama menunjukkan nama buah sedangkan kalimat kedua upacara pagi.

Contoh homograf lainnya adalah “serang”. Contoh kalimatnya adalah “Kota Serang merupakan kota yang indah” dan “Rista diserang oleh segerombolan monyet”. Pada kalimat pertama, kata serang menunjukkan nama kota sedangkan kalimat kedua menjelaskan dilawan atau dihancurkan.

Contoh homograf lain yang tentunya sangat mudah dimengerti adalah “seni”. Contohnya, “Hasil karya seni ini dinilai tinggi oleh banyak orang” dan “Rudi diambil air seninya untuk dilakukan uji lab”. Kalimat pertama memberikan pengertian bahwa seni yang dimaksud adalah sebuah karya keindahan yang dilihat oleh indera manusia sementara seni pada kalimat kedua adalah hasil sekresi yang dikeluarkan oleh tubuh.

Masih belum cukup? “per” adalah salah satu contoh kata homograf lainnya. Misalnya, “per sepeda Iken terlihat rusak” dan “Rudi harus membayar SPP kuliahnya per semester”. Contoh homograf tersebut menunjukkan bahwa per pada kalimat pertama dimaksudkan untuk nama benda sedangkan kalimat kedua adalah pembagian
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 3 Contoh Homograf yang Mudah Dimengerti

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top