Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Minggu, 07 Agustus 2016

3 Contoh Jurnal Akuntansi Mudah

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia akutansi, maka tentunya mengenal apa itu jurnal akuntansi dan dasar-dasar dalam pembuatannya. Jika masih pemula, mengenal contoh jurnal akuntansi bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk menyusun jurnal. Pengolahan data dalam jurnal membutuhkan rentetan kronologis yang rapi dan sesuai berdasarkan bukti transaksi agar dapat diperoleh informasi laporan yang akurat dan bisa dipercaya.

Contoh Jurnal Akuntansi

3 Contoh Jurnal Akuntansi Mudah

Contoh jurnal akuntansi yang akan diulas kali ini adalah data transaksi selama bulan Desember tahun 2016 di PT Digital Print. Pada tanggal 1 Desember: Tn. Prayoga memberikan modal awal ke PT Digital Print sebesar Rp 10.000.000. Dari informasi tersebut, diketahui bahwa analisis transaksinya adalah Harta perusahaan (Kas) bertambah Rp 10.000.000 (Debet) dan modal perusahaan bertambah Rp 10.000.000 (Kredit).

Contoh jurnal akuntansi berikutnya adalah pada tanggal 2 Desember : Perusahaan menyewa toko dengan harga Rp 4.000.000 untuk 1 tahun. Data tersebut bisa dianalisis bahwa perusahaan memiliki harta dalam bentuk sewa yang dibayar seharga Rp 4.000.000 (Debet) dan artinya, Kas juga berkurang sebanyak Rp 4.000.000 (kredit).

Contoh jurnal akuntansi masih berkaitan dengan transaksi diatas selanjutnya adalah pada 4 Desember, perusahaan membeli peralatan printer dari PT Sejahtera seharga Rp 2000.000. Maka, harta perusahaan terkait perlengkapan printer bertambah Rp 2000.000 (debit). Sementara harta perusahaan (Kas) berkurang Rp 2000.000 (kredit).

Demikian tadi merupakan contoh jurnal akuntansi yang dibuat secara runtut dan kronologis. Semoga bermanfaat bagi Anda yang berencana membuat jurnal akutansi.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 3 Contoh Jurnal Akuntansi Mudah

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top