Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Minggu, 07 Agustus 2016

3 Contoh Jurnal Akuntansi Umum

Contoh jurnal akuntansi sangat diperlukan untuk Anda yang masih pemula dalam hal pembukuan transaksi. Apalagi yang menyangkut tentang suatu bisnis, dimana berhubungan langsung dengan data keuntungan maupun kerugian yang dialami dalam berwirausaha. Dalam sebuah pembukuan, jurnal merupakan draft lengkap yang berisi semua transaksi keuangan suatu organisasi maupun badan usaha yang dicatat secara runtut berdasarkan kronologisnya. Untuk mempermudah Anda dalam membuat jurnal akutansi, berikut ini adalah beberapa contoh yang bisa dijadikan sebagai referensi.
Contoh Jurnal Akuntansi

3 Contoh Jurnal Akuntansi Umum

Berikut ini adalah contoh jurnal akuntansi untuk transaksi selama bulan Juni tahun 2016 di perusahaan INDIE GROUP. 1 Juni: Tn. Slamet menyetor uang secara pribadi ke perusahaan INDIE GROUP untuk modal awal bisnis jual beli alat musik sebesar Rp 15.000.000. Informasi tersebut dapat dituangkan menjadi jurnal dengan analisis transaksi : Harta perusahaan berbentuk Kas menjadi bertambah Rp 15.000.000 (Debet). Dengan kata lain, modal perusahaan tersebut juga bertambah Rp 15.000.000 (Kredit).

Masih berkaitan dengan kasus di atas, contoh jurnal akuntansi selanjutnya adalah pada tanggal 2 Juni : Perusahaan menyewa sebuah bangunan untuk memulai usaha jual beli alat musik dengan membayar Rp 5.000.000 untuk 6 bulan. Dari informasi ini, bisa diketahui bahwa harta perusahaan berbentuk sewa dibayar seharga Rp 5.000.000 (Debet). Artinya, Kas perusahaan juga berkurang Rp 5.000.000 (Kredit).

Contoh jurnal akuntansi selanjutnya, pada 4 Juni, INDIE GROUP membeli perlengkapan musik dari Toko Munir seharta Rp 1000.000. Harta perusahaan berupa perlengkapan musik bertambah Rp 1000.000 (debit) dan harta perusahaan berbentuk Kas berkurang Rp 1000.000 (kredit).

Sekian ulasan terkait contoh jurnal akuntansi umum. Semoga bermanfaat untuk Anda.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 3 Contoh Jurnal Akuntansi Umum

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top