Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Minggu, 21 Agustus 2016

Contoh Ekosistem Alami dan Buatan

Dalam pelajaran Biologi kita akan mendapatkan materi mengenai ekosistem. Sebenarnya apakah itu ekosistem? Ekosistem bisa dikatakan sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi.

Terdapat dua jenis ekosistem yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan. Berdasarkan pengertiannya, ekosistem alami merupakan ekosistem yang terbentuk dengan sendirinya oleh proses alam yang berlangsung dalam jangka waktu lama. Ekosistem alami terbagi ke dalam 2 macam, yaitu ekosistem darat dan ekosistem perairan.
Contoh Ekosistem



Contoh Ekosistem Alami dan Buatan

Beberapa contoh ekosistem alami antara lain seperti ekosistem laut, sungai, hutan, gua, air terjun, dan lain sebagainya.

Ekosistem alami tentunya berbeda dengan ekosistem buatan. Definisi dari ekosistem buatan merupakan ekosistem yang terbentuk bukan hanya karena kerja alam semata karena dipengaruhi oleh campur tangan manusia. Ekosistem ini memiliki ciri khas berupa keragaman mahluk hidup dan ekologisnya yang cenderung lebih rendah.

Beberapa contoh dari ekosistem buatan misalnya seperti ekosistem sawah yang sengaja dibangun manusia untuk menanam padi, ekosistem waduk, ekosistem kebun binatang, ekosistem taman, ekosistem tanggul, dan ekosistem akuarium yang dibuat untuk memelihara ikan.

Demikianlah beberapa contoh ekosistem alami dan buatan. Semoga dengan membaca artikel kali ini Anda sekali dapat mengerti perbedaan antara kedua ekosistem tersebut. Sekarang coba perhatikan sekeliling anda. Apa saja contoh ekosistem yang ada?
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh Ekosistem Alami dan Buatan

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top