Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Minggu, 14 Agustus 2016

Contoh Ikhfa Sederhana

Membaca Al-Quran adalah kewajiban bagi setiap umat muslim. Hal ini dikarenakan Al-Quran adalah kitab suci umat islam yang memiliki kebenaran didalamnya sehingga umat Islam dapat membaca kebenaran-kebenaran tersebut didalam kitab suci Al-Quran. Namun ketika membaca kitab suci ini tidak hanya asal membaca harus memperhatikan setiap hukum dan ilmu tajwid yang berlaku didalamnya. Ilmu tajwid yang ada berbeda-beda bermacam-macam. Salah satunya adalah Ikhfa.

Berikut akan kami uraikan secara jelas apa itu Ikhfa dan juga contoh Ikhfa yang dapat Anda gunakan sebagai belajar. Berikut uraian selengkapnya.
Contoh Ikhfa

Contoh Ikhfa Sederhana

Ilmu tajwid sendiri ada bermacam-maca seperti idzhar halqi, idgam bighunah, idgam bilaguhunah, iqlab, Ikhfa haqiqi, dan juga Ikhfa syafawi. Namun yang akan kita bahas pada kali ini adalah Ikhfa haqiqi dan juga Ikhfa syafawi. Ikhfa haqiqi adalah bacaan dalam Al-Quran dimana huruf nun mati bertemu dengan bacaan Ikhfa seperti ta, tsa, ja, da, dza, za, sa, sya, so, dho, tho, dho, kho, fa, ka. Contoh Ikhfa sendiri dapat ditemukan pada bacaan yang ada di Al-Quran.

Selain Ikhfa haqiqi, ada juga Ikhfa syafawi. Ikhfa ini dibaca samar apabila ada huruf mim mati bertemu dengan huruf ba. Cara membaca tajwid ini samar-samar dan harus didengungkan. Contoh Ikhfa syafawi dapat Anda temui pada bacaan Al-Quran.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh Ikhfa Sederhana

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top