Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Kamis, 18 Agustus 2016

Contoh Ikhfa Syafawi 5

Assalamu'alaikum sahabat muslim yang dirahmati Allah. Masih dalam rangka berbagi ilmu, kali ini kami akan berbagi mengenai ilmu mempelajari Al Qur'an. Huruf-huruf yang tersusun dalam ayat Al Qur'an harus dibaca dengan tajwid tertentu. Salah satunya dengan hukum bacaan ikhfa syafawi.

Dengan contoh ikhfa syafawi yang juga kami sertakan dalam artikel ini, diharapkan Anda dapat lebih memahami hukum bacaan tersebut.
Contoh Ikhfa Syafawi

Contoh Ikhfa Syafawi 5

Ikhfa syafawi adalah membunyikan atau menyamarkan huruf mim. Hukum bacaan disebut ikhfa syafawi ketika mim mati bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah yaitu ba'. Adapun cara membaca ikhfa syafawi harus disamarkan pada bibir dan didengungkan. Durasi pembacaan ikhfa syafawi adalah dua mad atau empat ketukan. Berikut beberapa contoh ikhfa syafawi tersebut.

Contoh bacaan ikhfa ini bisa Anda jumpai dalam surat At Takwir ayat 22. Penggalan ayatnya shoohibukum bimajnuun. Kemudian dalam surat Al Muthaffifin ayat 17, dalam lafal kuntum bihii. Atau bisa Anda jumpai dalam surat Al Fil ayat 4. Penggalan ayatnya berbunyi tarmiihim bihijaarotim. Contoh ikhfa syafawi yang lain bisa Anda buka dalam Al Qur'an surat Al Baqarah ayat 33, ayat 54, dan ayat 63. Demikian ilmu yang bisa kami sampaikan. Semoga bisa membantu Anda belajar Al Qur'an. Terimakasih telah menyimak artikel kami. Wassalamu'alaikum.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh Ikhfa Syafawi 5

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top