Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Selasa, 16 Agustus 2016

Contoh Qalqalah dan Pengertiannya

Assalamualaikum saudara muslim dan muslimah yang dirahmati Allah. Semoga Anda dalam keadaan sehat tidak kurang suatu apapun. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi ilmu hukum bacaan tajwid qalqalah. Memang sudah banyak yang membagi artikel ini sebelumnya, namun bagi Anda yang belum tahu hukum bacaan ini agar bisa mempelajarinya dan menerapkan dalam membaca Al Qur'an. Disini kami akan menjelaskan pengertian qalqalah beserta contoh qalqalah supaya Anda lebih mudah mempelajarinya.
Contoh Qalqalah

Contoh Qalqalah dan Pengertiannya

Sebelum meninjau contoh qalqalah, Anda perlu mengetahui dulu arti dari qalqalah. Secara bahasa qalqalah berarti gerak, getaran suara, dan memantul. Sedangkan secara istilah berarti membunyikan dengan suara yang berlebih dari makhraj hurufnya. Qalqalah berlaku jika huruf qalqalah itu mati atau mati karena waqaf. Dan jika kita baca bunyinya tidak lantas menghilang, tapi masih terdengar perlahan.

Huruf qalqalah ada 5 yaitu qaf, tho, bak, jim, dan dal. Hukum bacaan qalqalah dibagi menjadi 2, yaitu qalqalah sugra dan kubro. Disebut qalqalah sugro jika salah satu huruf qalqalah bersukun di tengah. Contoh qalqalah sugro pada huruf qaf bisa Anda lihat dalam surat At Tin ayat 4. Sedangkan qalqalah kubro jika huruf qalqalah bersukun di akhir kata. Contohnya bisa Anda temukan pada surat Al Falaq ayat 2. Demikian ulasan kami semoga bermanfaat. Wassalamualaikum.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh Qalqalah dan Pengertiannya

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top