Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Sabtu, 13 Agustus 2016

Contoh Wangsalan Literer

Belajar bahasa jawa adalah hal yang sangat menyenangkan sebab bahasa ini sangat unik dan terdengar sangat lembut. Salah satu budaya bahasa yang perlu Anda ketahui adalah wangsalan. Wangsalan ini sendiri merupakan kalimat yang dibuat saling berkaitan antara kata yang satu dengan kata yang lainnya. Wangsalan ini sendiri dibagi menjadi beberapa golongan dan ulasan pada kali ini akan membahas tentang wangsalan literer. Bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut maka langsung saja simak Contoh Wangsalan yang akan dibahas pada ulasan dibawah ini.
Contoh Wangsalan

Contoh Wangsalan Literer

Sebelum Anda mengetahui seperti apa Contoh Wangsalan tersebut maka terlebih dahulu Anda sebaiknya harus tahu pengertian dari wangsalan literer. Tiap tiap wangsalan memang berbeda beda dan begitu juga dengan wangsalan literer ini sendiri yang kalimatnya tidak sama dengan wangsalan lainnya. Jadi wangsalan literer tersebut adalah wangsalan biasa yang dibuat dengan lazim atau sering digunakan dalam bahasa jawa sehari hari.

Contoh Wangsalan tersebut yaitu 'njanur gunung' (aren - kadingeran 'tumben'). Contoh lainnya yaitu, 'jenang gula' (gulali - lali 'lupa'). Contoh berikutnya yaitu 'wohing aren, pangocapane janma nendra (kolang kaling - eling 'ingat', nglindur 'mengigau' - dipun eling, sabar ning ing angkara)'. Arti dari wangsalan tersebut yaitu kesabaran akan menjauhkan diri dari adanya angkara murka. Itulah informasi yang dapat Anda ketahui dari Contoh Wangsalan literer.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh Wangsalan Literer

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top