Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Selasa, 13 September 2016

3 Contoh Review Jurnal Membahas Kelebihan dan Kekurangan

Artikel jurnal merupakan salah satu bentuk karangan dengan sifat ilmiah yang sering termuat dalam buku jurnal. Jurnal ini sangat berguna untuk mengetahui hasil sebuah penelitian. Melalui jurnal Anda bisa memperoleh berbagai pengetahuan baru. Namun terkadang, Anda mungkin kebingungan ketika mendapat tugas untuk mereview jurnal. Jangan lekas menyerah karena di bawah ini ada beberapa contoh review jurnal untuk membahas kelebihan dan kekurangannya.
Contoh Review Jurnal

3 Contoh Review Jurnal Membahas Kelebihan dan Kekurangan

Ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan ketika Anda mereview jurnal. Berikut adalah masing-masing bentuk paragraf contoh review jurnal untuk membahas kelebihan dan kekurangan sebuah artikel jurnal.

Contoh pertama misalnya, “Artikel jurnal ini memiliki berbagai kelebihan, yakni kalimatnya jelas dan menggunakan kata-kata yang lazim digunakan. Dengan begitu pembaca dapat lebih mudah memahami isi jurnal”. Contoh review jurnal dengan kalimat tersebut biasanya menggunakan pokok bahasan berbeda tiap paragrafnya. Atau dengan kata lain, paragraf hanya membahas kekurangan saja.

Kedua untuk membahas kekurangannya, Anda bisa menyebutkan “Jurnal ini menggunakan diksi yang tidak jelas sehingga kalimatnya tumpang tindih. Ditambah lagi strukturnya kurang jelas sehingga pembaca merasa bingung ketika membacanya”. Kalimat tersebut merupakan contoh review jurnal untuk membahas kekurangan dari suatu jurnal. Hampir sama dengan contoh sebelumnya, tiap satu paragraf hanya menyebutkan satu pokok bahasan.

Bisa juga Anda menuliskannya dengan bentuk seperti ini “Sebenarnya jurnal ini cukup jelas pola penulisan yang runtut sehingga pembaca tidak kebingungan. Namun sayang, pemilihan katanya terkadang masih ambigu yang mengakibatkan penalaran yang berbeda dari tiap pembaca”. Untuk contoh yang terakhir tersebut, merupakan contoh review jurnal yang menuliskan kelebihan dan kekurangan jurnal dalam satu paragraf sekaligus.

Meskipun ada yang menuliskan dalam bentuk-bentuk paragraf, ada satu lagi contoh review jurnal yang menuliskannya dalam bentuk tabel agar semakin mudah dipahami. Dari berbagai bentuk penulisan tersebut semuanya dianggap benar sehingga pilihan kembali pada Anda ingin menggunakan yang mana. Sedikit ulasan mengenai beberapa bentuk penulisan di atas, semoga bisa membantu Anda ketika akan mereview sebuah jurnal.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 3 Contoh Review Jurnal Membahas Kelebihan dan Kekurangan

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top