Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Selasa, 13 September 2016

3 Contoh Review Jurnal Yang Baik Dan Benar

 Membuat review jurnal ini bisa dibilang sulit-sulit gampang. Meskipun demikian ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan dalam membuat review jurnal karena akan sangat menentukan kredibilitas penulisnya. Membuat review jurnal tidak boleh asal-asalan agar tidak merugikan berbagai pihak. Di bawah ini ada beberapa contoh review jurnal yang baik dan benar agar apa yang Anda tulis dapat bermanfaat bagi orang lain dan tidak ada yang merasa dirugikan atas tulisan Anda.
Contoh Review Jurnal



3 Contoh Review Jurnal Yang Baik Dan Benar

Sudah dijelakan di atas bahwa membuat review jurnal tidak boleh sembarangan. Terlebih jika yang Anda tulis kemudian disebarkan melalui internet sehingga bisa dibaca oleh banyak orang. Jika tidak ingin ada pihak yang dirugikan, Anda bisa menyimak beberapa contoh review jurnal di bawah ini.

Contoh review jurnal yang pertama adalah Anda wajib menuliskan bagian-bagian yang penting seperti latar belakang, proses pengumpulan data, cara menganalisis data, hingga hasilnya. Bagian-bagian inilah yang penting baik dalam jurnal asli maupun dalam review jurnalnya. Bagian ini memberikan informasi yang dapat dimanfaatkan orang banyak. Jika dalam review jurnal yang Anda buat terdapat bagian-bagian tersebut, maka sang pembaca tidak perlu membaca jurnal aslinya.

Untuk contoh review jurnal kedua, biasanya akan banyak membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari jurnal yang sedang dibahas. Khusus mengenai kekurangannya, sebaiknya Anda menilai sebuah jurnal secara objektif. Jika Anda terpaksa menyebutkan kekurangannya, sebutkan juga solusinya agar bisa menjadi masukan bagi penulis aslinya. Usahakan untuk menyebutkan kelebihannya sebanyak mungkin agar orang lain tertarik untuk membaca jurnal yang Anda review.

 Jika Anda pernah membaca beberapa contoh review jurnal, Anda pasti sering menemukan review jurnal yang mudah dimengerti dan tidak sedikit yang sulit dipahami. Untuk menuliskan review jurnal yang mudah dipahami, Anda harus memilih istilah kata yang sering digunakan dan tidak terlalu banyak menggunakan istilah asing.

Demikian tadi sedikit mengenai isi yang perlu Anda tuliskan agar sesuai dengan contoh review jurnal yang baik dan benar. Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, semoga Anda bisa membuat review jurnal yang bisa memberikan informasi bagi banyak orang.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 3 Contoh Review Jurnal Yang Baik Dan Benar

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top