Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Sabtu, 03 September 2016

7 Contoh Ungkapan Sederhana

Belajar Bahasa Indonesia memang sangat penting. Salah satu materi yang bisa dipelajari oleh sahabat ialah contoh ungkapan. Dalam sebuah bahasa, ungkapan atau yang biasa disebug dengan idiom ini merupakan materi dasar yang akan diajarkan kepada sahabat. Ungkapan ini biasanya sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas mengenai definisi dan juga contoh ungkapan yang biasa digunakan untuk mengungkapkan sesuatu. Daripada penasaran, berikut ini ulasannya.

Contoh Ungkapan

7 Contoh Ungkapan Sederhana

Untuk definisinya sendiri, ungkapan ialah gabungan dari dua kata berbeda atau lebih yang akan memiliki arti yang berbeda. Gabungan kata-kata tersebut susunannya sendiri tidak bisa diubah sebab nantinya ungkapan yang akan disampaikan pun akan menjadi berubah. Dengan kata lain ungkapan atau idiom ini telah pasti mengenai susunan katanya. Kemudian, ada beberapa contoh ungkapan Bahasa Indonesia yang cukup sering digunakan yaitu:
langkah seribu (berlari)
meja hijau (pengadilan),
panjang tangan (pencuri),
angkat kaki (pergi),
buah bibir (bahan pembicaraan),
angkat tangan (menyerah),
gulung tikar (bangkrut) dan masih banyak lagi contoh lain yang bisa sahabat temukan.

Sedangkan contoh kalimatnya ialah banyak pedagang yang akhirnya gulung tikar setelah tidak memiliki modal yang cukup. Gulung tikar dalam kalimat tersebut berarti bangkrut.

Jadi, itulah contoh ungkapan dan penjelasan singkat mengenai contoh kalimat yang memakai ungkapan. Semoga ulasan di atas bermanfaat.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 7 Contoh Ungkapan Sederhana

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top