Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Jumat, 02 September 2016

Contoh Besaran Turunan Kecepatan

Sahabat tentu tahu bukan, jika dalam Fisika ada materi mengenai contoh besaran turunan dan besaran pokok? Ya, besaran pokok merupakan besaran yang utama dalam artian satuan dari besaran pokok seperti panjang (m), waktu (s), massa (kg), kuat arus listrik (A), suhu (K), intensitas cahaya (cd) dan banyak zat (mol) akan membentuk besaran lainnya yang disebut dengan besaran turunan.

Jika sahabat belum paham mengenai besaran turunan ini, akan ada penjelasan singkat mengenai definisi dan contoh besaran tersebut seperti berikut.
Contoh Besaran Turunan


Contoh Besaran Turunan Kecepatan

Dalam hal ini, definisi besaran turunan itu sendiri adalah besaran yang memiliki lebih dari satu satuan dari besaran pokok. Salah satu contoh besaran turunan yang cukup sering dijumpai ialah menghitung kecepatan gerak suatu benda. Dalam Fisika, rumus yanh digunakan untuk menghitung kecepatan adalah dari perpindahan benda tersebut dibagi dengan waktu perpindahannya. Jadi, kecepatan = perpindahan (m)/waktu (s). Dari rumus ini, maka satuan dari kecepatan ialah m/s atau meter per detik. Sedangkan untuk contoh selanjutnya dari besaran turunan ini adalah luas (m2), volume (m3), massa jenis (kg/m3) dan beberapa lainnya.


Maka dari itu, dengan mengetahui tentang contoh besaran pokok dan juga contoh besaran turunan di atas, saat ini sahabat bisa mengetahui lebih dalam tentang Fisika. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat ya sahabat.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh Besaran Turunan Kecepatan

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top