Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Minggu, 23 Oktober 2016

3 Contoh Landasan Teori di Bidang Pendidikan

Ada banyak contoh landasan teori terkait pendidikan yang bisa ditemukan di internet. Dan ternyata, banyak para ahli yang mengemukakan pendapatnya terkait dengan pendidikan dan hubungannya dengan suatu negara. Landasan teori adalah suatu aktivitas berfikir bersangkutan dengan metodologi. Oleh karena itu, saat seseorang sedang menyusun landasan teori maka harum paham betul tentang metodologi secara menyeluruh.

Contoh Landasan Teori Terkait Pendidikan

Contoh Landasan Teori di Bidang Pendidikan

Bagi Anda yang sedang mencari referensi tentang pendidikan, contoh landasan teori berikut ini bisa membantu Anda. Pendidikan memang menjadi salah satu faktor yang berhubungan dengan kemajuan suatu bangsa. Maka tak heran jika pendidikan menjadi aspek penting yang diutamakan dalam suatu negara.
   
Contoh landasan teori pendidikan yang pertama dikemukakan oleh Made Pidarta (2000:261) yang menyatakan bahwa faktor yang paling berperan dalam kemajuan pendidikan dan menentukan kehidupan adalah keahlian, keterampilan dan dedikasi yang diberikan para pengelola pendidikan. Meskipun begitu, tanpa adanya ekonomi yang memadai, maka pendidikan tidak bisa berjalan dengan lancar. Made Pidarta (2000;245-246) menyatakan bahwa fungsi ekonomi di dalam dunia pendidikan bukan menjadi modal dalam mencari keuntungan melainkan menunjang kelancaran terkait proses pendidikan. Dari contoh tersebut, bisa dilihat bahwa landasan teori yang dipakai berdasarkan pernyataan Made Pidarta pada buku yang sama namun di halaman yang berbeda.

Contoh landasan teori terkait pendidikan yang kedua dinyatakan oleh Tian Belawati (1999:9) yaitu efektifitas pembelajaran dilihat dari daya jangkau dan daya kontrol yang digunakan peserta didik, misalnya adalah frekuensi  dan waktu proses pembelajaran.

Contoh landasan teori tentang pendidikan yang ketiga juga dikemukakan oleh Kohnstamm dan Gunning (1995) bahwa pendidikan merupakan suatu proses pembentukan hati nurani.

Bagaimana? Contoh landasan teori yang dituliskan tadi tentu sudah menggambarkan sedikit tentang pendidikan bukan? Landasan teori seringnya dipakai untuk pembuatan makalah, laporan, atau penelitian terhadap suatu peristiwa atau fenomena yang terjadi di kehidupan ini, termasuk pendidikan.

Sekian ulasan terkait 3 contoh landasan teori terkait dengan pendidikan. Semoga bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 3 Contoh Landasan Teori di Bidang Pendidikan

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top