Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Sabtu, 31 Desember 2016

3 Contoh Asuhan Keperawatan (Askep) Gangguan Nutrisi pada Bagian Pola Kebutuhan Dasar

Tidak hanya terjadi pada anak-anak, gangguan nutrisi juga sering terjadi pada orang dewasa bahkan orang tua. Terlebih bagi orang dewasa yang kurang memperhatikan asupan nutrisi padahal memiliki banyak aktivitas berat. Bagi para perawat maupun mahasiswa keperawatan, menangani pasien dengan masalah seperti ini tentu saja tidak bisa dilakukan sembarangan serta membutuhkan sebuah perencanaan yang matang. Perencanaan tersebut dapat ditulis pada sebuah contoh askep gangguan nutrisi.
Contoh Asuhan Keperawatan

3 Contoh Asuhan Keperawatan (Askep) Gangguan Nutrisi pada Bagian Pola Kebutuhan Dasar

Asuhan keperawatan gangguan nutrisi tentu saja memuat banyak hal mulai dari latar belakang pasien, identitas, status kesehatan, pola kebutuhan dasar, pengkajian fisik hingga perencanaan dan implementasi. Khusus di bawah ini akan membahas mengenai contoh askep untuk pola kebutuhan dasar  pasien dengan gangguan nutrisi.

Pasien yang mengalami gangguan nutrisi tentu akan merasakan perbedaan pola kebutuhan pasien antara sebelum dan sesudah terjangkit kelainan tersebut. Oleh karenanya, di bawah ini akan dijelaskan mengenai contoh askep mengenai pola kebutuhan dasar pasien gangguan nutrisi sebelum dan sesudah sakit.

Contoh askep pola kebutuhan dasar pasien gangguan nutrisi pertama adalah mengenai pola bernafas. Sebelum sakit biasanya akan tertulis bahwa “pasien melakukan pernafasan dengan baik dan normal” sedangkan setelah sakit akan ada beberapa keluhan seperti “nafas terasa berat dan sesak”.

Contoh askep gangguan nutrisi kedua yang sering dituliskan adalah mengenai pola makan dan minum. Sebelum sakit, biasanya pasien akan mengatakan “proses makan lancar 3x sehari dengan menu 4 sehat 5 sempurna”. Namun bagi penderita gangguan nutrisi akan mengeluhkan “nafsu makan berkurang dan terasa mual setiap terisi makanan”

Contoh askep terakhir mengenai pola kebutuhan dasar adalah mengenai aktivitas sehari-hari. Sebelum sakit biasanya aktivitas pasien cukup banyak termasuk pergi ke kantor dan olahraga. Sedangkan setelah sakit lebih banyak di tempat tidur.

Beberapa contoh askep gangguan nutrisi mengenai pola kebutuhan dasar di atas dapat Anda jadikan referensi untuk membuat askep Anda sendiri. Pastikan bahwa sebelumnya Anda telah melakukan sejumlah penelitian singkat mengenai kondisi pasien yang Anda tangani.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 3 Contoh Asuhan Keperawatan (Askep) Gangguan Nutrisi pada Bagian Pola Kebutuhan Dasar

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top