Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Sabtu, 24 Desember 2016

Contoh RAB Bangunan yang Akurat

RAB atau Rencana Anggaran Biaya pembuatan bangunan perlu direncanakan dengan matang. Pembuatan RAB ini bertujuan untuk memperkirakan segala kebutuhan pembuatan rumah sekaligus perkiraan harganya. Pembuatan RAB ini tidak boleh sembarangan. Nominal yang tertera dalam RAB harus diperkirakan dengan matang supaya dapat menekan biaya pembuatan rumah. Untuk Anda yang belum pernah membuat RAB sama sekali, berikut adalah contoh RAB sederhana untuk Anda.
Contoh RAB

Contoh Penghitungan RAB Rumah

Pembangunan rumah meskipun terlihat sederhana ternyata sangat susah. Membangun hunian pribadi membutuhkan anggaran dana yang banyak. Agar anggaran tersebut tidak terlalu membengkak, perlu dibuat daftar rencana yang tepat. Dalam proses pembangunan, daftar usaha ini disebut dengan RAB. Berikut adalah contoh RAB.

Contoh RAB yang pertama adalah RAB bahan bangunan. RAB ini harus berisi daftar bahan bangunan untuk membangun rumah impian Anda. Bahan bangunan yang terdaftar juga disertai dengan jumlah yang dibutuhkan dan rata-rata harganya. Informasi ini harus dibuat dengan detail. Semua bahan yang dibutuhkan harus terdaftar dan tidak boleh ada satu pun yang terlewatkan.

Setelah RAB bahan bangunan, contoh RAB selanjutnya adalah RAB jadwal pengerjaan. Proses pendirian rumah tidak mungkin hanya dalam satu tahap. Ada tahap pengolahan tanah, pembuatan dinding, pembuatan atap, dan penghalusan rumah. Rencanakan jadwal pengerjaannya.

Setelah merencanakan jadwal pengerjaan, selanjutnya adalah Contoh RAB upah kerja. Tidak mungkin pekerja bangunan tidak mengharapkan upah. Oleh karena itu, RAB juga menyarankan untuk menghitung terlebih dahulu upah para pekerja ini. Upah tentu disesuaikan dengan jumlah pekerjaan dan juga lama kerja.

Dari contoh RAB di atas, setidaknya ada sedikit gambaran untuk Anda yang ingin membangun rumah. Membuat RAB memang tidak sederhana. Akan tetapi, manfaatnya sungguh luar biasa. Tanpa RAB, proses pembuatan rumah akan terkendala dengan hal-hal yang tidak terduga.

Demikian adalah sedikit contoh RAB sederhana untuk Anda. RAB rumah Anda tentu berbeda dengan contoh yang dijelaskan di atas. Semoga uraian sederhana ini dapat memberikan manfaat untuk Anda.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh RAB Bangunan yang Akurat

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top