Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Sabtu, 24 Desember 2016

Contoh RAB Pembangunan Gedung

Rencana Anggaran Biaya Pembangunan atau RAB Pembangunan menjadi persiapan yang sangat penting untuk mereka yang berencana membangun rumah. Dengan membuat RAB, perkiraan biaya pembangunan gedung, entah itu rumah, sekolah, masjid, atau gedung perkantoran sekalipun akan menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, mereka yang bergelut di dunia properti harus memahami bagaimana penyusunan RAB yang baik dan benar. Pada ulasan kali ini, akan diberikan beberapa contoh RAB pembangunan gedung. Contoh di sini hanya bersifat memberikan gambaran sehingga perlu disesuaikan kembali dengan anggaran yang ada.
Contoh RAB

Contoh RAB Gedung

Pembangunan apapun membutuhkan rincian dana yang tepat. Oleh karena itu, contoh RAB ini sangat penting untuk bahan referensi Anda. Berikut ini adalah contoh pembuatan RAB yang mudah dan sederhana.

Contoh RAB yang pertama adalah RAB pembuatan jalan. Siapa bilang jalan aspal yang menghubungkan kota ke kota itu mudah? Pembangunan jalan juga membutuhkan rencana anggaran yang tepat. Terlebih lagi RAB ini nantinya akan dijadikan sebagai laporan hasil kerja. Oleh karena itu, harus dibuat dengan seobjektif mungkin.

Selain contoh RAB Pembuatan Jalan, ada juga RAB gedung sekolah. Kebutuhan bangunan sekolah tentu berbeda dengan bangunan rumah tangga. Oleh karena itu, rencana anggarannya pun tentu berbeda pula. Gedung sekolah bisa didirikan dengan dana yang efisien menggunakan RAB ini. Jadi, buat RAB yang objektif untuk gedung sekolah.

Contoh RAB yang ketiga adalah RAB pembuatan ruko. Ruko adalah sebuah bangunan strategis yang dijadikan sebagai tempat usaha. Membangun ruko menjadi bisnis properti yang tepat. Agar Anda memperoleh keuntungan dari pembangunan ruko, maka perlu dibuat rencana anggarannya terlebih dahulu.

Demikian adalah tiga contoh RAB sederhana yang bisa dijadikan sebagai bahan referensi. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan RAB di antaranya adalah harga bahan pokok material, upah pekerja, dan juga lama pengerjaan gedung.

Informasi contoh RAB kali ini diharapkan dapat meringankan beban Anda dalam membuat RAB. Nantikan informasi menarik lainnya hanya di sini.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh RAB Pembangunan Gedung

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top