Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Sabtu, 24 Desember 2016

Contoh RAB Sederhana untuk Ketepatan Pembangunan Rumah

Rencana Anggaran Biaya atau yang sering disebut dengan RAB sangat bermanfaat untuk segala hal, termasuk dalam proses pembangunan rumah. RAB menjadi suatu hal yang penting untuk memperkirakan berapa biaya untuk membuat rumah beserta isinya. Membuat RAB dapat menekan biaya pembangunan. Untuk Anda yang belum paham dengan RAB, berikut ini akan dijelaskan mengenai contoh RAB yang mudah dan benar. Simak saja uraiannya berikut ini.
Contoh RAB

Contoh RAB Sederhana

Pembuatan RAB sebenarnya tidak susah. Daftar rincian anggaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pembuatan anggaran ini dilakukan dengan merinci apa saja hal yang diperlukan dalam proses membangun rumah, mulai dari proses persiapan, pengerjaan, hingga penyelesaian rumah. Contoh RAB berikut ini akan memudahkan Anda dalam membuat rumah.

Contoh RAB yang pertama adalah tahap persiapan. RAB persiapan yang dimaksud adalah terkait harga bahan bangunan. Anda harus mendaftar seluruh bahan bangunan yang diperlukan kemudian mencantumkan harganya. Pengetahuan harga harus up to date agar biaya yang telah dianggarkan sesuai dengan kenyataannya.

Setelah contoh RAB persiapan, selanjutnya adalah proses pengerjaan. Pada proses ini, Anda harus menghitung lama pengerjaan rumah dan harga upah pekerja. Buat scedule yang seobjektif mungkin supaya rumah bisa selesai tepat waktu sesuai dengan rencana awal. Semakin lama proses pembangunan rumah, upah pekerja pun semakin melambung.

Lalu, contoh RAB selanjutnya adalah membuat analisis satuan pekerjaan. Analisis ini juga penting untuk mengontrol seberapa tepat anggaran dana yang sudah dibuat. Saat pengerjaan pembangunan rumah sudah dimulai, analisis ini perlu dibuat.

Demikian adalah tiga contoh RAB sederhana dalam pembuatan rumah. Informasi detail terkait bahan bangunan, satuan pekerjaan, upah pekerja, dan lama pengerjaan rumah harus dijelaskan dengan detail. Ini semata-mata untuk mempermudah proses penghitungan anggaran.

Contoh RAB di atas diharapkan dapat menjadi referensi untuk Anda yang sedang berencana untuk membangun rumah. RAB menjadi kebutuhan penting yang tidak boleh disepelekan. Demikian sedikit informasi mengenai RAB rumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat sesuai yang diharapkan.

Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Contoh RAB Sederhana untuk Ketepatan Pembangunan Rumah

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top