Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Kamis, 29 Desember 2016

Pengertian Internet, Pengertian Para Ahli dan Manfaatnya

Internet merupakan salah satu kebutuhan primer seseorang saat ini, lalu apa sebenarnya pengertian internet itu? Jutaan orang di dunia saat ini menggunakannya untuk keperluan pribadi maupun bisnis. Perkembangannya pun sangat pesat dan internet sendiri sudah mempengaruhi beberapa aspek. Mulai dari komunikasi, bisnis maupun aspek lainnya. Kebanyakan orang memakai internet untuk menjalin komunikasi. Teknologi komunikasi yang didukung oleh internet pun juga sangat membantu semua orang sekarang ini.

Menengok sejarahnya, internet yang dulunya digunakan untuk kepentingan militer tersebut pertama kali dipakai pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Dulunya, akses internet sangat terbatas dan hanya bisa menghubungkan 4 situs saja yaitu University of Utah, Santa Barbara, Stanford Research Institute dan juga University of California. Kemudian pada tahun 1972, APARNET (proyek yang dirancang oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tersebut bertujuan untuk memudahkan bertukar informasi) berkembang pesat di seluruh wilayah. Pada tahun 1982 internet lalu berkembang dengan menggunakan nama server yang lebih canggih lagi. Pengertian internet sendiri sekarang tak hanya untuk saling bertukar informasi tetapi untuk komunikasi.
Pengertian Internet

Pengertian Internet Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dan Para Ahli

Sebenarnya apa pengertian internet menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia? Internet yang memiliki kepanjangan interconnected network ini dalam KBBI berarti suatu jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer maupun fasilitas komputer dan sudah terorganisasi di seluruh dunia dengan menggunakan satelit atau melalui telepon. Secara umum, pengertian internet sendiri memiliki arti seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dan menggunakan standar sistem global, sebagai protokol pertukaran paket dan berguna untuk melayani banyak pengguna di seluruh dunia.

Lalu bagaimana pengertian internet dalam kacamata para ahli? Ada beberapa pendapat para ahli yang bisa Anda lihat di sini, antara lain:


  1. Menurut Strauss El-Anshary: Pada tahun 2003, Strauss El-Anshary mengemukakan bahwa pengertian internet adalah sebuah jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain dan dapat diakses di seluruh jaringan komputer dunia.
  2. Lani Sidharta: Lani Sidharta mengemukakan pendapatnya jika internet adalah sumber daya informasi yang berisikan sebuah informasi dan bisa dibayangkan jika itu merupakan database multimedia yang sangat lengkap. Pengertian internet dalam kacamata beliau sendiri menyatakan jika internet secara fisik merupakan interkoneksi antar jaringan komputer. Pendapat tersebut dikemukakannya pada tahun 1996 dan tambahan lagi jika internet itu dipandang sebagai dunia dalam bentuk lain.
  3. Sarwono: Pengertian internet menurut Sarwono pada tahun 2012 mengemukakan bahwa internet merupakan sekumpulan jaringan yang berskala global. Beliau juga mengatakan tidak ada siapa pun yang bisa bertanggung jawab untuk menjalankan internet. Dulunya internet hanya digunakan sebagai kebutuhan militer namun sekarang ini sudah berkembang menjadi sarana komunikasi dan juga hiburan.
  4. O’Brien: menyatakan bahwa pengertian internet menurutnya adalah jaringan komputer yang berkembang mulai dari jaringan bisnis, pendidikan dan juga pemerintahan. Kemudian memiliki keterkaitan satu sama lain dengan jumlah pengguna yang lebih dari dua ratus negara di dunia. Pendapat ini dikemukakan pada tahun 2003.
  5. Turban, Rainer dan Potter: Pengertian internet dari Turban, Rainer dan Potter tak jauh beda dengan pendapat O’Brien. Mereka berpendapat bahwa internet adalah suatu jaringan yang besar dan menyangkut tentang organisasi, bisnis, sekolah-sekolah, pemerintahan dan dihubungkan dengan jaringan komputer di seluruh dunia serta memiliki cara yang cepat dan secara langsung.
  6. Oetomo: Pendapat dari Oetomo mengatakan jika internet memiliki arti sebagai jaringan komputer yang besar dan terdiri dari beberapa jaringan kecil dan saling terhubung satu sama lain yang bisa mencakup seluruh dunia. 
  7. Sibero: Pengertian internet menurut Sibero adalah suatu jaringan computer yang menghubungkan antar komputer secara global dan bisa disebut dengan jaringan alam karena jaringannya yang sangat luas.


Pengertian dari beberapa ahli di atas memang berbeda-beda namun semua memiliki maksud dan arti yang sama. Manfaat dari internet sendiri juga sangat terasa saat ini, Anda bisa memanfaatkannya sebagai sarana komunikasi, media bisnis dan juga hiburan. Pengertian internet secara umum, menurut KBBI dan para ahli di atas semoga bisa menambah wawasan bagi para penikmat internet.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Pengertian Internet, Pengertian Para Ahli dan Manfaatnya

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top