Pengertian Manajemen, Pengertian Menurut KBBI dan Para Ahli

Apa pengertian manajemen itu? Di artikel ini akan dijelaskan tentang pengertiannya secara umum, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dan juga para ahli. Dengan banyaknya pendapat tentang definsi manajemen bisa menambah pengetahuan bagi siapa saja. Terlepas dari pengertiannya, fungsi dari manajemen sendiri itu seperti apa? Perlukah seseorang memiliki suatu manajemen baik itu manajemen waktu, karir, keuangan dan lain-lain?

Secara umum, pengertian manajemen itu memiliki arti proses untuk mencapai tujuan organisasi baik itu dilakukan dengan cara bekerja secara bersama orang-orang yang memiliki sumber daya masing-masing yang kompeten. Lalu fungsi dari manajemen sendiri itu seperi apa? Suatu organisasi maupun perusahaan penting sekali memiliki tim manajemen yang handal supaya bisa menghasilkan hasil terbaik. Fungsi dari manajemen sendiri yaitu untuk mengatur, mengendalikan dan mengurus, maupun memimpin suatu kelompok atau perusahaan supaya berhasil ke tujuan yang diharapkan. Penting sekali bagi Anda untuk memiliki sistem manajemen yang baik supaya tercapai tujuan Anda. Sistem manajemen yang baik meliputi perencanaan, pengorganisasian dan juga pengarahan. Ketiga hal tersebut harus ada di tim manajemen.
Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Sebelum membahas pengertian manajemen menurut para ahli, di sini akan dibagikan arti dari kata manajemen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pengertian manajemen yang berdasarkan pada KBBI adalah penggunaan sumber daya yang efektif untuk mencapai suatu tujuan sasaran. Pengertian yang kedua adalah pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya organisasi maupun perusahaan. Ada beberapa pengertian yang lain menurut KBBI, namun kedua arti di atas bisa mewakilinya. Ada pun pengertian manajemen menurut para ahli yang bisa Anda ketahui, antara lain adalah:

  1. Ricky W. Griffin: mengemukakan Pengertian manajemen sebagai proses perencanaan, pengkoordinasian, pengorganisasian serta pengontrolan terhadap sumber daya dalam rangka mencapai  suatu sasaran secara efisien dan efektif. Efektif di sini dimaksudkan bahwa tujuan tercapai sesuai dengan perencanaan dan efisien berarti tugas yang dilakukan secara benar dan terorganisir serta sesuai dengan waktu yang ditargetkan.
  2. George R. Terry: menyatakan pengertian manajemen yaitu proses yang sangat khas dan terdiri dari tindakan-tindakan seperti perencanaan, pengorganisasian serta pengawasan dengan tujuan mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Sedangkan untuk memperoleh sasaran tersebut melalui pemanfaatan sumber daya manusia serta sumber-sumber lainnya. 
  3. Mary Parker Follet: mengartikan Pengertian manajemen sebagai seni untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan memberdayakan orang lain. Pengertian tersebut menyebut jika seorang manajer harus bisa mengatur dan juga mengarahkan karyawannya supaya mencapai target sasaran.
  4. Lawrence A. Appley: Pengertian manajemen menurut Lawrence A. Appley sangat sederhana yaitu keahlian untuk menggerakkan seseorang untuk melakukan sesuatu. 
  5. Koontz: Definisi tentang pengertian manajemen dari Koontz juga sangat singkat dan jelas yaitu manajemen diartikan sebagai suatu seni yang produktif dan didasarkan pada pemahaman ilmu. Beliau juga menambahkan jika ilmu dan seni itu tidak bertentangan melainkan saling melengkapi satu sama lain.
  6. Stoner: mengungkapkan bahwa manajemen memiliki pengertian suatu proses membuat perencanaan, pengorganisasian dan juga pengendalian suatu usaha atau organisasi serta menggunakan sumber daya yang dimiliki guna mencapai tujuan yang sudah diharapkan.
  7. Wilson: Sebuah rangkaian tindakan yang dilaksanakan oleh para anggota organisasi dalam upaya mencapai sasaran organisasi merupakan pengertian manajemen yang dikemukakan oleh Wilson. Beliau juga mengatakan jika proses adalah rangkaian aktivitas yang dijalankan dengan cara sistematis.

Ketujuh pendapat para ahli tersebut hampir memiliki persamaan yaitu mencapai tujuan akhir yang sudah ditetapkan. Memiliki tim manajemen yang ahli pada suatu perusahaan dan organisasi memang sangat penting. Tim yang mempunyai sumber daya manusia berkualitas tentu akan menguntungkan bagi perusahaan karena bisa menentukan keberhasilan. Ada pun tim manajemen yang harus ada di perusahaan yaitu manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia dan manajemen operasional. Keempat jenis manajemen tersebut memiliki tujuan yang sama namun aktivitas yang dilakukan berbeda. Semua bertujuan mencapai keberhasilan dengan menggunakan sumber daya yang dimiliki sesuai dengan pengertian manajemen dari Ricky W. Griffin.
Bagi ke FB
Bagi ke G+
Tags :

Related : Pengertian Manajemen, Pengertian Menurut KBBI dan Para Ahli

0 komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!