Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Sabtu, 24 Desember 2016

Tiga Contoh RAB yang Benar

RAB atau Rencana Anggaran Biaya sering dibuat untuk memperhitungkan anggaran yang dibutuhkan dalam membangun rumah. Dalam proses membangun rumah, dibutuhkan perhitungan yang pasti terkait properti rumah, bahan bangunan, dan lain sebagainya. RAB penting dibuat untuk menekan biaya pembangunan rumah sehingga bisa lebih efisien dan terencana. Bagi orang awam, membuat RAB cukup rumit. Oleh karena itu, di sini akan dijelaskan contoh RAB yang baik dan benar. Langsung saja ikuti ulasannya berikut ini.
Tiga Contoh RAB yang Benar

Contoh RAB untuk Rumah Pribadi

Membuat hunian pribadi memang cukup rumit. Banyak hal yang perlu disiapkan termasuk RAB ini. Contoh RAB sangat penting sebagai bahan referensi untuk menghitung biaya anggaran rumah.

Contoh RAB yang pertama adalah scedule. Rancangan anggaran biaya perlu disusun dalam bentuk jadwal. Jadwal pembangunan rumah diantaranya adalah lama pembuatan pondasi, membuat beton atau dinding, membuat kap atau bagian atas rumah, dan membuat lantai. Buatlah schedule yang pasti dengan anggaran dana seperti yang efisien.

Setelah membuat jadwal, contoh RAB belum selesai. Anda harus segera menuju ke contoh selanjutnya, yaitu RAB interior rumah. Rumah pribadi harus didesain dengan interior pilihan yang sesuai dengan konsep si pemilik. Oleh karena itu, perlu juga membuat RAB interior rumah.

Setelah selesai membuat RAB interior rumah, sekarang saatnya untuk menghitung anggaran keseluruhan. Contoh RAB ketiga adalah menghitung seluruh biaya yang dibutuhkan untuk membuat rumah. Pembuatan RAB perlu dilakukan secara cermat dan tepat sesuai dengan harga properti saat ini. Jika Anda merasa kesulitan, silahkan untuk berkonsultasi ke orang yang lebih ahli.

Dari beberapa contoh RAB yang telah disebutkan di atas, ternyata ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu jenis pekerjaan apa yang akan Anda pakai untuk membangun rumah, bahan bangunan yang dibutuhkan, dan juga besar anggaran. 

Demikian adalah sekilas penjelasan mengenai contoh RAB yang singkat, padat, dan tepat. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi Anda dalam usaha membangun hunian pribadi yang nyaman dan aman.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar Tiga Contoh RAB yang Benar

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top