Smansa Edu

Blog edukasi dan pendidikan untuk segala usia

Rabu, 04 Januari 2017

3 Contoh Entity Relationship Diagram (ERD) untuk Manajemen Perhotelan

Meningkatnya sektor pariwisata di Indonesia membuat bisnis perhotelan menjadi semakin menjanjikan. Bagi Anda yang sekiranya kini sudah terjun dalam bisnis tersebut, atau mungkin sedang berencana untuk mengembangkannya, Anda wajib memperhatikan salah satu faktor manajemen perhotelan yakni database untuk mencatat sistem booking hotel. Untuk mencatat sistem booking kamar tersebut, Anda menyimak beberapa contoh ERD di bawah ini yang nantinya diharapkan biasa memberikan gambaran bagi Anda bagaimana membuat sistem pencatatan yang baik dalam sebuah manajemen perhotelan khususnya untuk sistem booking. Bagi Anda yang belum paham, ERD ini merupakan sistem dalam sebuah database yang berupa entitas entitas kunci untuk menjelaskan informasi singkat mengenai isian data tersebut. Dari isian-isian tersebut harus membentuk sebuah korelasi agar informasi dari sebuah data dapat lebih mudah ditemukan.
contoh ERD

Contoh ERD untuk Sistem Booking Kamar Hotel

Sudah disebutkan di atas bahwa membuat ERD pada sebuah database haruslah jeli karena wajib menemukan sebuah kata kunci yang bisa digunakan untuk menghubungkan data-data dari masing-masing database. Untuk lebih jelasnya bisa Anda simak contoh ERD hotel di bawah ini.

Contoh ERD pemesanan kamar hotel yang pertama adalah untuk menjelaskan identitas penyewa kamar. Untuk menjelaskan data dari identitas penyewa kamar tersebut bisa dengan menyebutkan beberapa atribut seperti “nama pengunjung, alamat, dan nomor telepon”.

Selanjutnya juga perlu memberikan keterangan mengenai kamar yang dipesannya. Contoh ERD yang sering kali digunakan untuk menjelakan kamar yang dipesan adalah “jenis kamar yang dipilih, kode kamar, dan harganya”.

Contoh ERD yang terakhir adalah untuk menjelaskan keterangan status menginap dari pengunjung sebuah hotel. Untuk menjelaskannya bisa dengan mengisikan beberapa keterangan seperti “nama pengunjung, kode kamar, deposit pembayaran, dan durasi mengina”.

Entitas nama pengunjung dan kode kamar inilah yang mampu menghubungkan ketiga kata kunci database di atas. Itulah mengapa diperlukan kejelian dalam memilih kata kunci karena jika dilakukan sembarangan akan sulit untuk menghubungkan ketiga database di atas. Semoga contoh ERD mengenai pemesanan kamar hotel di atas dapat membantu Anda membuat database hotel Anda sendiri atau bisa juga memberikan inspirasi untuk membuat database di berbagai bidang.
Author Profile

About Kebenaran Islam

Bagikan kebaikan, karena kebaikan menular.

0 Komentar 3 Contoh Entity Relationship Diagram (ERD) untuk Manajemen Perhotelan

Posting Komentar

Berkomentarlah sesuai topik,tidak mengandung unsur pertikaian, perpecahan, dan SARA.

Komentar dengan link hidup hanya berupa link nofollow!

Back To Top